Rabu, 12 Mei 2021 01:59

Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi

Sabtu, 10 April 2021 14:38 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Diyah Khoirunnissa
Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi
Kagiatan saat Webinar dalam pembahasan setahun pendidikan di masa pandemi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan program Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi), menyelenggarakan acara temu Inovasi ke-11, secara virtual dengan tema “Melewati Satu Tahun Pendidikan pada Pandemi Covid-19: Belajar dari Praktik Baik untuk Terus Melangkah ke Depan".

Minister Counsellor untuk Tata Kelola dan Pembangungan Manusia Kedutaan Besar Australia, Kristen Bishop mengatakan, setahun terakhir menjadi tahun yang sulit bagi dunia pendidikan karena wabah covid-19.

"Saya berharap acara hari ini dapat memfasilitasi dialog tersebut,” katanya.

Melalui kegiatan ini, berbagai pihak yang berkolaborasi saling berbagi informasi dan inspirasi terkait upaya yang dilakukan oleh berbagai aktor pendidikan, baik pemerintah, sekolah, dan guru, maupun mitra pembangunan non-pemerintah dalam pembelajaran di masa pandemi.

BACA JUGA : 

Hari Pendidikan Nasional, KPI Mengadakan iFEST dan Launching Kuanta

Jatim Tertinggi di Indonesia, Minat Guru Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

​Menyiasati Masa Pandemi, Lahan Mati Disulap Bisa Hasilkan Pundi-pundi Rupiah

Bosan Belajar Daring, Pemkot Madiun Ajak Siswa-siswi Belajar di Luar Kelas

Plt Kepala Balitbang dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno mengatakan, bahwa Covid-19 telah mengurangi kesempatan pembelajaran bagi anak-anak di dunia pendidikan.

"Untuk itu upaya memitigasi segala risiko perlu ditingkatkan. Melalui Temu Inovasi ini, diharapkan kita dapat belajar dari praktik baik yang sudah dilakukan selama setahun untuk menyusun rencana kebijakan strategis ke depan. Saya optimis kita dapat keluar dari kesulitan ini," katanya.

Sementara Anasiana selaku relawan yang melakukan pendampingan belajar kepada siswa di wilayah tempat tinggalnya di Lombok Utara bercerita sejumlah program Inovasi yang telah dilakukan di tengah pandemi.

“Sebelum saya melakukan pendampingan, orang tua murid tidak terlalu menyempatkan diri untuk mendampingi anak saat belajar. Namun setelah diberikan pemahaman akan pentingnya literasi, kini orang tua mulai menyempatkan diri,” tutur mahasiwi tingkat akhir STKIP Hamzar tersebut.

Untuk itu, dalam mendukung pendidikan di masa pandemi, Inovasi akan fokus pada tujuh bidang selama periode 2020–2021 meliputi respons dan pemulihan Covid-19; kesetaraan gender, disabilitas, dan inklusi sosial (Gedsi); kurikulum dan asesmen; kepemimpinan sekolah dan guru: pendidikan islam; pemantauan, evaluasi, penelitian dan pembelajaran; dan pialang pengetahuan dan membangun koalisi. (diy/ns)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...