Sabtu, 08 Mei 2021 19:27

Dari Mensos, BBWS, hingga Ketua DPD RI Dilobi Bupati Gresik agar Bantu Tuntaskan Kali Lamong

Sabtu, 10 April 2021 12:45 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Dari Mensos, BBWS, hingga Ketua DPD RI Dilobi Bupati Gresik agar Bantu Tuntaskan Kali Lamong
Bupati Gresik Gus Yani ketika bertemu Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti di rumah dinas bupati, beberapa waktu lalu. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yan), terus mencari terobosan untuk menuntaskan banjir Kali Lamong. Orang nomor satu di Pemkab Gresik ini telah bertemu sejumlah pejabat di pemerintahan pusat, mulai DPR RI, Menteri, BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai), hingga Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Seperti saat menerima kunjungan Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini di rumah dinas (Rumdis) Bupati Gresik baru-baru ini. Selain membicarakan penanganan pendataan dan warga miskin di Kabupaten Gresik melalui data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), Gus Yani juga membahas Kali Lamong. Bupati Gus Yani ketika itu bilang kepada Risma bahwa panjang Kali Lamong yang melintasi Kabupaten Gresik 62 kilometer (km).

Sementara pada tahun 2021 direncakan ada anggaran dari BBWS atau pemerintah pusat sebesar Rp 100 miliar untuk penanganan Kali Lamong. Mendengar itu, Risma langsung paham dan menyatakan anggaran itu hanya cukup untuk pembangunan tanggul sekitar 10 km.

Jika setiap tahun anggaran pusat cuma 100 miliar, di bawah kepemimpinan Gus Yani Pemkab Gresik hanya akan mampu menanggul Kali Lamong sekitar 40 km. Sebab, masa jabatan Bupati Gus Yani kurang dari 4 tahun atau tepatnya sekitar 3,6 tahun, dan berakhir di tahun 2024.

BACA JUGA : 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Memenangi Lelang Bandeng Gresik

Lulusan S1 Unair Kalah dari Kejar Paket C, Bupati Gresik: Usut Rekrutmen Perangkat Desa Munggugebang

Hadiri Rapat Pleno Golkar Gresik, Gus Yani Ajak Sukseskan Program Nawa Karsa

Penanggulan Kali Lamong Segera Dimulai, Penlok Lahan 4,5 Hektare Rampung

"Iya tadi saat bertemu Bu Risma juga salah satunya mendiskusikan soal penanganan kali. Bu Risma siap membantu di pemerintah pusat," kata Bupati Gus Yani kepada BANGSAONLINE.com usai pertemuan.

Selain itu, Bupati Gus Yani juga mengaku telah bertemu dengan Kepala BBWS Agus Rudiyanto untuk membahas dana pusat Rp 100 miliar untuk penanggulan Kali Lamong di tahun 2021. Ia juga melakukan pertemuan dengan Badan Koordinasi Wilayah II Jawa Timur, dan kabupaten sekitar untuk rapat sinkronisasi percepatan pembangunan sistem pengendalian banjir Kali Lamong tahun 2021, yakni Kabupaten Mojokerto, Surabaya, dan Lamongan.

Setelah itu, Gus Yani bertemu Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti yang salah satu agendanya membahas penanganan Kali Lamong.

"Iya kemarin Bupati Gus Yani bertemu Ketua DPD RI. Salah satu yang dibahas adalah penanganan Kali Lamong," kata Sekretaris MPC Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Gresik, I Made Bagus Budiono.

Sekadar diketahui, Kali Lamong di wilayah Kabupaten Gresik membentang sepanjang 62 km. Untuk penanggulan dan normalisasi total Kali Lamong sepanjang itu dibutuhkan lahan seluas sekitar 282 hektare, dengan anggaran dari APBD Gresik sekitar Rp 800 miliar.

Sementara normalisasi akan menjadi wewenang pemerintah pusat. Berdasarkan Perpres No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila (Gresik - Bangkalan - Mojokerto - Surabaya - Sidoarjo - Lamongan), direncanakan ada anggaran dari pusat Rp 1,040 triliun untuk penanganan Kali Lamong. (hud/ns)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 08 Mei 2021 09:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Genre baru persuratkabaran dimulai dari Singapura. Koran terkemuka di negeri singa itu mengubah diri menjadi not for profit. Perubahan drastis ini dilakukan setelah mengalami kemerosotan yang terus terjadi.Tapi apa beda...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...