Kamis, 15 April 2021 03:54

Sumbang Devisa Ekspor Terbesar, PT Smelting Raih Penghargaan Bea Cukai Tanjung Perak

Kamis, 08 April 2021 22:12 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sumbang Devisa Ekspor Terbesar, PT Smelting Raih Penghargaan Bea Cukai Tanjung Perak
Gatot Budi S dari PT Smelting saat menerima penghargaan. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - PT Smelting kembali mencatat prestasi dengan diraihnya penghargaan dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tanjung Perak Surabaya. Apresiasi itu diberikan atas keberhasilan PT Smelting memberikan kontribusi yang cukup besar untuk devisa ekspor.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya, Aris Sudarminto kepada Gatot Budi S, dari PT Smelting di Auditorium Kantor KPPB TMP Tanjung Perak, Kamis (8/4/2021).

Penyerahan penghargaan diberikan bersamaan dengan sejumlah perusahaan lainnya di wilayah KPPB TMP Tanjung Perak.

Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya, Aris Sudarminto mengapresiasi kinerja PT Smelting yang cukup bagus, sehingga kegiatan ekspornya cukup tinggi di wilayah KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya. Pihaknya terus memberikan support kepada PT Smelting sebagai mitra pengguna jasa kepabeanan untuk meningkatkan ekspornya.

BACA JUGA : 

KPU Gresik Sabet Juara Umum Kedua Penghargaan Terbanyak Pilkada 2020

​11 Personel Berprestasi di Polres Jombang Terima Penghargaan

Kapolres Bangkalan Beri Penghargaan 34 Anggota, Satu di Antaranya Aktif Edukasi di TikTok

Pemkab Gresik Siap Berlakukan PPKM Skala Mikro

Kepala KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya, Aris Sudarminto mengapresiasi kinerja PT Smelting yang cukup bagus, sehingga kegiatan ekspornya cukup tinggi di wilayah KPPBC TMP Tanjung Perak Surabaya. Pihaknya terus memberikan support kepada PT Smelting sebagai mitra pengguna jasa kepabeanan untuk meningkatkan ekspornya.

"Tingginya kegiatan ekspor apalagi di masa pandemi seperti saat ini sangat membantu negara dari sektor pendapatan. Ini sejalan dengan semangat pemerintah yang mendorong industri di Tanah Air agar meningkatkan kegiatan ekspor. Sebab peningkatan ini memberikan kontribusi yang besar bagi pendapatan negara," kata Aris Sudarminto.

Bea Cukai, kata Aris, memberikan ruang dan pelayanan yang maksimal kepada seluruh mitra pengguna jasa kepabeanan. Dengan demikian, perusahaan yang berorientasi ekspor semakin meningkat kinerjanya dan pada akhirnya akan berdampak positif bagi penerimaan pajak negara.

Sementara Direktur PT Smelting, Irjuniawan P Radjamin menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada industrinya. Sejak terbentuk Kawasan Berikat dan beroperasi pada Mei 2019, PT Smeting terus meningkatkan sistem pemantauan inventori. Sistem ini distandarkan oleh Bea Cukai dan berbasis IT yang bisa diakses oleh Kantor Bea Cukai.

"Kami menyediakan sarana kantor Kawasan Berikat yang memadai dan nyaman untuk petugas Bea Cukai. Kantor itu dilengkapi dengan sistem komputer jaringan internet untuk pertukaran data,” jelasnya.

Wawan, begitu panggilan akrab Irjuniawan menambahkan, upaya lainnya adalah dengan membangun sistem pemantauan CCTV sebanyak 38 poin. Sistem pemantauan CCTV ini bisa diakses oleh petugas Bea Cukai mulai dari pintu pemasukan raw material, pelabuhan, intermediate proses, barang jadi, pintu keluar barang.

"Kami bersyukur diberi penghargaan oleh KPPB TMP Tanjung Perak Surabaya. Tahun ini kami juga menerima penghargaan Best of the Best dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Gresik. Penghargaan diberikan atas upaya kami yang menyediakan sarana dan prasarana kantor hanggar Kawasan Berika. Terima kasih atas penghargaan yang sudah diberikan kepada kami,” terangnya.

Pada bagian lain, dalam kegiatan Bea Cukai Award ini juga diadakan survei kepuasan pengguna jasa Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Tahun 2021. Pengisian survei dilakukan secara online dan terbuka. Pengisian survei dipandu oleh Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC TMP Tanjung Perak, Sulaiman. "Pengisian survei ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dan masukan para pengguna jasa," pungkas Sulaiman. (hud/ian)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...