Rabu, 12 Mei 2021 01:52

Dukung Program ETLE, Polresta Sidoarjo Renovasi Command Centre

Kamis, 08 April 2021 15:59 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Catur Andy
Dukung Program ETLE, Polresta Sidoarjo Renovasi Command Centre
Command Center yang disiapkan untuk mendukung program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Polresta Sidoarjo masih melakukan renovasi tempat yang bakal dijadikan pusat pengendalian informasi berbasis teknologi alias command centre. Keberadaan command centre yang berlokasi di lantai III Polresta Sidoarjo tersebut untuk mendukung program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang bakal diberlakukan di Sidoarjo.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Wikha Ardilestanto mengungkapkan, di tengah perkembangan zaman yang serba modern, kepolisian turut serta memberikan kontribusi inovasi berbasis teknologi. Salah satunya, segera diberlakukannya tilang elektronik alias ETLE.

Adapun untuk merealisasikan itu, Polresta Sidoarjo telah memasang enam buah kamera pengintai di beberapa titik di Kota Delta. "Untuk pengoperasiannya, dibutuhkan yang namanya command centre sebagai pusat pengendali. Dan saat ini sedang dilakukan renovasi," jelas Kompol Wikha, Kamis (8/4/2021).

Sejatinya, lokasi yang saat ini sedang direnovasi untuk kebutuhan command centre sudah lama tak terpakai, sehingga dengan adanya program yang baru berupa ETLE, ruangan yang berada di lantai tiga ini kini bisa difungsikan.

BACA JUGA : 

Polsek Balongbendo Berhasil Amankan Ratusan Ribu Pil Dobel L

Jalin Tali Silaturahmi, ​Pengurus LDII Krembung Silaturahmi ke Kapolsek

Penyekatan Hari Keempat, Pemudik Mulai Berkurang

Laksanakan Pengamanan, Upaya Berikan Rasa Aman Umat Kristen Dalam Beribadah

"Sudah lama enggak keurus. Mudah-mudahan setelah command centre ini selesai direnovasi bisa digunakan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Setelah dilakukan renovasi, petugas juga akan melakukan instalasi server untuk menghubungkan kamera ETLE yang sudah terpasang di beberapa sudut kota, sehingga dalam penerapannya, Kamera ETLE bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

"Kamera ETLE ini dilengkapi dengan teknologi khusus, di mana kemampuannya bisa mendeteksi pelanggaran-pelanggaran lalu lintas atau biasa disebut artificial intelligence (AI). Jadi, mereka yang melanggar langsung terdeteksi melalui kamera itu," terangnya.

Keberadaan kamera ETLE ini sangat memudahkan petugas dalam menindak tegas para pelanggar lalu lintas, baik melanggar marka jalan, tidak menggunakan helm, dan lain sebagainya. Petugas kepolisian, hanya melakukan pemantauan kondisi lalu lintas maupun pelanggar melalui command centre. Sedangkan mereka yang melanggar, akan diberikan surat tilang yang dikirimkan ke rumah masing-masing, setelah melalui verifikasi pelat nomor kendaraan yang terdeteksi melalui kamera ETLE.

"Masih kami persiapkan betul. Dan kami tidak ingin ini dibuat asal-asalan, sehingga dalam penerapannya nanti bisa maksimal. Insya Allah bulan depan kita sosialisasikan," pungkasnya. (cat/zar)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...