Gua Jegles Keling Kediri, Destinasi Wisata Tersembunyi Ini Sedang Viral di Medsos

Gua Jegles Keling Kediri, Destinasi Wisata Tersembunyi Ini Sedang Viral di Medsos Kades Keling Rofi'i Lukman bersama Mantan Wakil Bupati Kediri H. Masykuri saat berada di dalam Gua Jegles. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com.com - , begitu nama gua yang masih dalam pembenahan itu sering disebut. Gua yang terletak di Dusun Jegles, Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri tersebut saat ini memang sedang viral di media sosial (medsos) atau Facebook.

Kediri dan sekitarnya mungkin cukup banyak destinasi alam berupa gua, dan di Desa Keling ini banyak yang menilai sebagai salah satu gua terindah di antara wisata gua di Kediri Raya.

Didin Saputro, Pemuda Desa Keling menceritakan bahwa ini dahulu sudah pernah dijadikan tempat bermain anak-anak Dusun Jegles di era 80-an. Jika sedang berkunjung ke , lanjut Didin, pasti melihat coretan-coretan nama atau gambar yang terpahat di dinding gua bagian atas.

"Coretan itu menjadi salah satu bukti bahwa sejak tahun 1980-an, bahkan jauh sebelumnya, gua ini sering digunakan anak-anak setempat untuk bermain," kata Didin, Senin (5/4/2021).

Menurut Didin, juga ada cerita mistis terkait gua ini dan memang ada kesan angker bila berada di dalamnya. Cerita masyarakat yang berkembang kala itu, lanjut Didin, membuat tak terawat. Selama 20 tahun lebih dipenuhi semak belukar. "Cerita mistis hingga kisah pernah diisukan sebagai gua pembantaian PKI membuat kawasan ini terkesan angker," ujarnya.

"Selain itu, ini juga digunakan sebagai akses jalur masuk ke wahana wisata air river tubing," imbuh pemuda ceking yang juga pemerhati budaya tersebut.

Masih menurut Didin, sudah menjadi tekad pemuda dan Pemerintah Desa Keling untuk menjadikan Desa Keling sebagai desa wisata dan itu sudah dimulai pada 2018, yakni pada periode awal Gus Rofi'i Lukman mulai menjabat sebagai Kades Keling.

Lihat juga video 'Pria di Kediri Nekat Tabrakkan Diri ke Kereta Api':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO