Peringatan HPSN, Pemkot Batu Tanam 600 Bibit Pohon

Peringatan HPSN, Pemkot Batu Tanam 600 Bibit Pohon Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat penanaman pohon dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, Minggu (4/4).

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - terus menggiatkan penanaman pohon. Melalui Dinas Lingkungan Hidup, mengadakan kegiatan penanaman pohon secara serentak di tiga Kecamatan. Agenda tersebut dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2021, Minggu (4/4).

Kepala DLH , Aries Setiawan mengatakan kegiatan penanaman pohon dilakukan bersama Komunitas Jeep dan Komunitas Land Rover yang ada di .

"Total ada 50 kendaraan, masing-masing mobil terdiri dari 3 peserta," kata Aries.

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan di tiga lokasi. Yakni di Gunung Pucung Kecamatan Bumiaji, lalu di Sumber Kalisat Sumberejo Kecamatan Batu, dan di sekitaran TPA Tlekung Kecamatan Junrejo.

"Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami untuk melestarikan lingkungan alam di ," katanya. Akan ada 600 batang bibit pohon yang bakal ditanam. Jenisnya seperti tanjung, mahoni, pulai, sukun dan matoa.

Di sisi lain, pada tanggal 6 sampai 12 April di Lippo Plaza Batu juga akan dilakukukan kegiatan Recycling Exhibition atau pameran kerajinan tangan dari barang-barang bekas buatan bank sampah asal .

Pameran ini digelar karena berdasarkan data BPS , bahwa pada tahun 2020 lalu pertumbuhan ekonomi yang positif sebesar 4,32 persen tidak terlepas dari sektor pengolahan sampah, limbah, dan daur ulang. Sedangkan pada tahun 2019 lalu sektor itu hanya di angka 4 persen.

"Kami ingin punya kontribusi mendorong perekonomian di masyarakat melalui sampah," katanya. Kegiatan itu akan melibatkan sebanyak 170 bank sampah di .

Pihak-pihak yang bakal terlibat seperti Ngowos, seorang pembuat pot tanaman dari pampers bekas. Lalu ada seniman Klemin yang biasanya membuat seni instalasi dari barang bekas menjadi interior, bangunan yang menarik. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO