Kamis, 13 Mei 2021 06:42

Warga Ambeng-Abeng Sambat Soal Permasalahan Sampah Saat Reses Ketua F-Gerindra Nur Saidah

Minggu, 04 April 2021 00:57 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Warga Ambeng-Abeng Sambat Soal Permasalahan Sampah Saat Reses Ketua F-Gerindra Nur Saidah
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Gesik Hj. Nur Saidah ketika reses masa persidangan I. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Permasalahan sampah jadi salah satu aspirasi yang disampaikan Warga Desa Ambeng-Ambeng Kecamatan Duduk Sampeyan kepada Hj. Nur Saidah, saat menggelar reses masa persidangan I, Sabtu (3/4/2021). Kegiatan reses Ketua Fraksi Gerindra DPRD Gresik itu dilaksanakan di Gor Ambeng-Ambeng.

Selama ini banyak warga luar Desa Ambeng-Ambeng yang membuang sampah seenaknya di tepi jalan wilayah Desa Ambeng-Ambeng. Hal ini menyebabkan Jalan Ambeng-Ambeng menjadi kumuh.

"Ironinya, yang membuang sampah juga banyak menggunakan mobil," ungkap Nur Saidah kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (3/4/2021).

Menyikapi keluhan tersebut, Nur Saidah mengungkapkan bahwa DPRD Gresik saat ini tengah menginisiasi rancangan peraturan daerah (raperda) tentang retribusi pelayanan persampahan dan kebersihan.

BACA JUGA : 

DPRD Gresik Terima Ranwal RPJMD 2021-2026, Tapi dengan Sejumlah Catatan

Hiii, Ular Hijau Tiba-tiba Keluar dari Bak Truk Pengangkut Sampah Milik DLH Gresik yang Bolong

DPRD Gresik Minta Insentif Guru Ngaji Cair Sebelum Lebaran

DPRD Gresik Gandeng FITRA Bedah RPJMD, APBD 2021-2026 Diproyeksikan Rp4,9 T

"Raperda ini dimaksudkan juga untuk memberikan tempat-tempat kepada masyarakat untuk penampungan sampah dengan sistem bayar retribusi. Sehingga, masyarakat tak ada alasan lagi untuk membuang sampah sembarangan," jelas Wakil Ketua DPRD Gresik.

"Untuk masyarakat diharapkan terlibat dalam memberikan kontribusi dalam bentuk pembayaran retribusi persampahan, sehingga pelaksanaannya bisa dilakukan secara intensif sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku," urainya.

Dikatakannya, pelayanan persampahan merupakan salah satu kewajiban pemerintah daerah. Mulai penyediaan tempat penampungan sampah sementara (TPS), tempat pemrosesan akhir sampah (TPA), dan transferdepo. Di samping itu, juga alat angkut dari TPS ke TPA dan dari TPA ke tempat pendauran dan atau pengelolaan sampah.

"Adapun untuk objek pengangkutan sampah meliputi persampahan dari permukiman padat yang telah memiliki lahan atau TPS ke TPA dan atau pelayanan dari TPA/transferdepo ke TPA," terangnya.

"Untuk subjek bisa orang pribadi atau badan yang diberikan hak untuk menggunakan/menikmati pelayanan kebersihan. Karena itu, para pemakai pelayanan persampahan wajib bayar retribusi, baik orang pribadi maupun badan," pungkasnya. (hud/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 12 Mei 2021 04:55 WIB
Oleh: Dahlan Iskan --- YANG saya bicarakan ini adalah listrik untuk usaha. Untuk bisnis –perdagangan dan terutama industri.Bukan listrik untuk rumah tangga.Amerika Serikat mendapatkan sumber utama listrik dari gas yang murah. Tiongkok dari ten...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...