Pilkades Serentak di Trenggalek, Ini Pesan Bupati Arifin

Pilkades Serentak di Trenggalek, Ini Pesan Bupati Arifin Bupati Arifin saat monitoring pelaksanaan Pilkades di Desa Ngares, Kecamatan Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Sejumlah 15 Desa di Kabupaten menggelar Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) secara serentak, Sabtu (3/4). Bupati Moch. Nur Arifin beserta jajaran Forkopimda melakukan peninjauan sekaligus monitoring ke sejumlah titik pelaksanaan Pilkades.

Bupati Arifin mengatakan, secara umum pelaksanaan saat ini telah berjalan sesuai dengan protokol kesehatan.

"Jadi tidak ada kerumunan, karena pemilih dibagi jadwal. Sehingga saya pastikan pelaksanaan pilkades di 142 TPS, 15 desa berjalan aman," kata bupati saat melakukan monitoring pelaksanaan pilkades di Desa Ngares Kecamatan .

Karena dinilai telah menerapkan protokol kesehatan, Bupati Arifin lantas meminta saat ini bisa dijadikan contoh dalam menyelenggarakan pilkades yang aman dari Covid-19. Ia juga menyampaikan pesan pada warga desa yang saat ini memiliki hajatan pilkades, hendaknya menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

"Jangan terganggu isu-isu yang lain, apalagi kalau di tingkat desa. Harapan saya semuanya juga bisa berjalan dengan damai dan rukun," pintanya.

Sementara Sekretaris DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa) Kabupaten Hartoko ada 15 desa dari 7 kecamatan yang menggelar kali ini.

"Tujuh kecamatan itu adalah Kecamatan , Tugu, Suruh, Dongko, Watulimo, Panggul dan Durenan," kata Hartoko.

Hartoko mengatakan, total anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan saat ini mencapai Rp 1 miliar lebih yang berasal dari BKK (Bantuan Keuangan Khusus) APBD tahun 2020 dan 2021. Tiap desa dialokasikan anggaran yang sama, yakni Rp 25 juta.

Selain itu, tiap desa juga diberi anggaran alokasi formula yang nilainya tidak sama, tergantung dari jumlah DPT (Daftar Pemilih Tetap), jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara), dan jumlah panitia.

"Pelaksanaan saat ini diikuti oleh 40 calon kepala desa. Pelaksanaan pencoblosan akan ditutup hingga jam 12.00 WIB, setelah itu dilanjutkan dengan penghitungan suara mulai jam 13.00 WIB hingga selesai," pungkasnya. (man/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO