Senin, 10 Mei 2021 02:25

Sambil Tunggu Betonisasi, Jalan Beciro Wonoayu Sidoarjo Segera Diperbaiki

Kamis, 01 April 2021 01:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sambil Tunggu Betonisasi, Jalan Beciro Wonoayu Sidoarjo Segera Diperbaiki
SIDAK: Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meninjau perbaikan jalan Karangpuri Wonoayu, Rabu (31/3/2021). foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo bakal memperbaiki Jalan Beciro Wonoayu dengan beton pada Mei 2021. Sambil menunggu jalan dibangun memakai beton atau dicor, jalan yang rusak parah ini segera diperbaiki besok.

Penegasan ini disampaikan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) saat meninjau perbaikan jalan Desa Karangpuri Kecamatan Wonoayu dengan menggunakan dana PIWK Kecamatan Wonoayu, Rabu (31/3/2021).

Menurut Gus Muhdlor, jalan Beciro akan diperbaiki tipis-tipis sambil menunggu betonisasi di bulan Mei. Pihaknya tidak akan memaksakan perbaikan jalan tersebut dengan melakukan peningkatan jalan aspal.

Pertimbangannya karena selain bulan Mei sudah dilakukan pembetonan, jalan tersebut rentan rusak meski dilakukan pengaspalan. Sebab air sungai yang berada di samping jalan itu meluber bila hujan turun.

BACA JUGA : 

Pemkab Sidoarjo Apresiasi Program Duta Toleransi yang Digelar Komunitas Brangwetan

50 Pemudik Disuruh Putar Balik di Pos Penyekatan Sidoarjo

​Dikira Petasan, Penembakan Misterius di Waru Sidoarjo Lubangi Tembok hingga Tembus Motor

Tabrak Truk, Pengendara Sepeda Motor Meninggal di Sidorejo Krian Sidoarjo

"Jalan Beciro itu Desember 2020 baru selesai diaspal, dua bulan sudah rusak. Lha kalau kita besok mengulang lagi berarti kita terjatuh di lubang yang sama. Penyebabnya air sungai. Jalannya jadi sungai karena sungai tidak menjalankan tugasnya sebagai sungai," cetusnya.

Meski begitu, lanjut Gus Muhdlor, jalan Beciro akan tetap diperbaiki meski tidak seratus persen perbaikannya. Dia menyadari masyarakat butuh kenyamanan bepergian saat hari raya idul fitri nanti.

Oleh karenanya perbaikan jalan Beciro akan dilakukan sementara sambil menunggu pembetonan di bulan Mei nanti. Pembetonan menjadi solusi bagi jalan Beciro yang gampang rusak.

"Orang-orang ndak riyayan (berlebaran) kan ndak enak, posoan kok dalannya gludek-gludek (bergelombang) ngunu kan gak enak, besok kita datang ke sana minimal didandani tipis-tipis opo yok opo, sehingga tidak seperti itu," ungkap Gus Muhdlor.

Sebelumnya, usai memimpin rapat evaluasi PIWK di Pendapa Delta Wibawa, Selasa (30/3/2021), Gus Muhdlor mengungkapkan, program betonisasi jalan di Sidoarjo bakal dimulai Mei 2021. Pemkab Sidoarjo telah menyiapkan anggaran Rp. 249 miliar.

Anggaran tersebut semula untuk peningkatan mutu jalan dengan aspal. Kata Gus Muhdlor, perencanaan peningkatan mutu jalan dengan aspal akan dirubah menjadi beton. Bulan ini perencanaan tersebut selesai. Setelah itu, tinggal menunggu proses lelang proyek yang memakan waktu satu bulan. Setelah itu pelaksanaan proyek betonisasi dapat dilakukan.

“Bulan ini selesai semua (perencanaan betonisasi), semua tahu lah, ketika masuk ULP (Unit Layanan Pengadaan) proyeknya gede, nunggu satu bulan lagi untuk lelang,” bebernya.

Gus Muhdlor mengatakan untuk saat ini peningkatan mutu jalan menggunakan aspal tidak dilakukan. Seperti yang rencananya dilakukan di jalan Beciro maupun Kalanganyar. Pertimbangannya bulan Mei sudah dilakukan pembetonan terhadap jalan tersebut. (sta)

Bernuansa Menara Kudus, Mushola An-Nabaat Diresmikan Wabup Nganjuk
Minggu, 09 Mei 2021 00:50 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Cita Indonesia Group, perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, pertanian, dan peternakan, meresmikan Mushola An-Nabaat yang berlokasi di Desa Batembat Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk. Peresmian mushola ini dil...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...