Senin, 10 Mei 2021 05:51

Kirim Surat ke BKN, BKD Gresik Minta Izin Lelang Jabatan Sekda

Rabu, 31 Maret 2021 17:29 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Kirim Surat ke BKN, BKD Gresik Minta Izin Lelang Jabatan Sekda
Nadlif, Kepala BKD Gresik. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Gresik berkirim surat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pasalnya, sudah 9 bulanan jabatan Sekda Gresik dijabat Penjabat (Pj) Sekda Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno.

"Jadi, Selasa (30/3/2021), kami telah berkirim surat ke BKN untuk mempertanyakan diizinkan atau tidak melakukan lelang jabatan sekda," ujar Nadlif, Kepala BKD Gresik kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (31/3/2021).

Sebelum mengirim surat ke BKN, lanjut Nadlif, dirinya sudah minta izin kepada Pj. Sekda Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno. "Sudah minta izin Pak Pj. Sekda. Pak Pj. Sekda yang minta izin Pak Bupati," tuturnya.

Nadlif lebih jauh menyatakan bahwa permintaan izin lelang jabatan sekda ke BKN ini sebagai tindak lanjut pendaftaran lelang sekda yang telah dilakukan oleh tim panitia seleksi (pansel) lelang sekda Gresik, sebelum pelaksanaan Pilkada 2020.

BACA JUGA : 

Perluas Layanan Pelanggan, Perumda Giri Tirta Gresik Percepat Serapan Air Umbulan

Petrokimia Gelontorkan Bantuan Rp1,1 Miliar untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan

Digelar di Pit-Stop Kopi, Pasar Sore Hadirkan Deretan Produk Gresik dan Beragam Pertunjukan

Momentum Ramadan, Siswa Sespimmen Polri XLI Santuni Anak Yatim di Gresik

Saat itu, BKN dan Mendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Akmal Malik berkirim Surat bernomor 821/4400/OTDA, tertanggal 2 September 2020. Isinya, memerintahkan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sebagai wakil pemerintah pusat untuk memerintahkan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto (bupati saat itu) menunda pelaksanaan lelang sekda Gresik hingga Pilkada 2020 usai.

Sebab, lelang sekda saat berlangsungnya tahapan pilkada melanggar Pasal 71 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Mengacu UU itu, bupati/wali kota/gubernur dilarang melakukan mutasi jabatan seperti termaktub dalam Pasal 71 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 atas Perubahan Kedua Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk menjaga netralitas ASN.

"Makanya, lelang sekda kami tunda hingga Pilkada 2020 usai," ungkap mantan Kepala Dispendik Gresik tersebut.

Nadlif mengungkapkan, pemkab menggelar lelang jabatan sekda karena putusan kasasi Andhy Hendro Wijaya (sekda nonaktif) dalam kasus dugaan korupsi insentif pegawai di Badan Pendataan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), saat itu belum diputus oleh Mahkamah Agung (MA).

Namun, meski saat ini amar putusan Andhy Hendro Wijaya sudah final di MA dengan putusan bebas, sampai sekarang Pemkab Gresik belum menerima salinan amar putusan. "Makanya, kami berkirim surat ke BKN untuk minta masukan dan jawaban diizinkan atau tidak untuk lelang jabatan sekda," pungkasnya. (hud/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 10 Mei 2021 05:19 WIB
Oleh: Dahlan Iskan---LEBARAN kompak: hari Kamis, 13 Mei 2021. Maka, Disway edisi Rabu, Kamis, Jumat di sekitar Lebaran itu, saya akan menurunkan tiga tulisan tentang kebijakan energi untuk kebangkitan negeri.Lebaran tahun ini banyak waktu untuk memba...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...