Sabtu, 15 Mei 2021 17:48

Musrenbang, Pemkab Sumenep Tetapkan 7 Prioritas Pembangunan

Senin, 29 Maret 2021 20:01 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Alan Sahlan
Musrenbang, Pemkab Sumenep Tetapkan 7 Prioritas Pembangunan
Musrenbang Kabupaten Sumenep. (foto: ist)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021 untuk penyusunan rancangan RKPD tahun 2022 diharapkan melahirkan program atau kegiatan yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan saat ini dan masa mendatang.

Program prioritas antara lain mengendalikan pandemi Covid-19 agar Kabupaten Sumenep kembali pada zona hijau. Selain itu menggerakkan perputaran ekonomi masyarakat untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi.

Hal ini dikatakan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H., pada pembukaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021 dalam rangka Penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Kantor Bupati Sumenep, Senin (29/3/2021).

"Oleh karenanya, seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan aparatur sipil negara (ASN) bersama-sama memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif dan inovatif dalam menyusun program pembangunan," ungkapnya.

BACA JUGA : 

Tahun Ini, Pengumpulan Zakat Fitrah Pemkab Sumenep Makin Meningkat

Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2021, Bupati Sumenep: Tingkatkan Kepekaan dan Kewaspadaan

Merasa Dipermainkan, BPD Kalimo'ok Laporkan Pemdes Setempat ke Bupati Sumenep

Safari Ramadhan, Upaya Bupati Sumenep untuk Pererat Silaturahim dengan Ulama

Menurutnya, hal itu dilakukan agar pelaksanaan pembangunan pada tahun 2022 lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta bisa menjawab isu-isu strategis yang ada di Kabupaten Sumenep. Untuk mewujudkan itu, harus ada sinergisitas antar-OPD dalam penyusunan program pembangunan tanpa ada yang merasa lebih diunggulkan. Pembangunan Kabupaten Sumenep pada tahun 2022 adalah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui pemberdayaan ekonomi dan derajat kesehatan masyarakat.

"Pemerintah menetapkan tujuh prioritas pembangunan sebagai bentuk implementasi dari tema RKPD Kabupaten Sumenep tahun 2022, yaitu penguatan UMKM dan industri olahan sebagai daya tarik pariwisata dan investasi daerah untuk menyerap tenaga kerja dan mengakselerasi pertumbuhan," imbuhnya.

Kemudian penyediaan infrastruktur penunjang aksesibilitas dan pelayanan dasar sebagai pengungkit berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan daerah yang berwawasan lingkungan. Pemenuhan standarisasi layanan pendidikan dan derajat kesehatan masyarakat sesuai standar pelayanan minimum (SPM) yang berdaya saing.

Selanjutnya, pelestarian nilai seni dan tradisi yang berasaskan agama dan budaya lokal, peningkatan hasil produksi pertanian dan perikanan menuju kemandirian pangan, penanganan kemiskinan dan bencana secara terpadu berbasis pemberdayaan masyarakat dan lingkungan hidup, penyediaan layanan publik yang efektif dan efisien, serta fasilitasi forum kerukunan antarumat beragama dalam upaya peningkatan ketenteraman dan ketertiban umum.

"Momentum musrenbang ini menjadi strategis guna menyamakan persepsi, mengomunikasikan dan mengoordinasikan berbagai rencana pelaksanaan pembangunan daerah agar mampu menjawab isu-isu strategis pada tahun 2022," paparnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep Drs. H. Yayak Nurwahyudi, M.Si., mengungkapkan bahwa pelaksanaan proses perencanaan pembangunan daerah telah dilakukan dengan beberapa tahapan sebelumnya.

Tahapan yang telah dilaksanakan itu antara lain musrenbang desa dan kecamatan, forum konsultasi publik, forum lintas perangkat daerah, dan selanjutnya musrenbang RKPD kabupaten hari ini, Senin (29/3/2021).

"Tujuan musrenbang kabupaten adalah menampung berbagai masukan dan usulan dari berbagai elemen, sekaligus penyelarasan sinkronisasi program prioritas pembangunan baik dari regulasi dan anggaran," jelasnya. (aln/zar)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 15 Mei 2021 09:10 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kerusuhan 13 Mei 1998 terus diperingati oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia. Korban aksi anarkis itu sebagian memang etnis Tionghoa.Uniknya, mereka memperingati dengan menyajikan rujak pare dan sambal jombrang. Apa...
Kamis, 13 Mei 2021 19:51 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...