PLN Dorong Inovasi Kelistrikan Karya Anak Bangsa dalam ICE 2021

PLN Dorong Inovasi Kelistrikan Karya Anak Bangsa dalam ICE 2021 Para generasi muda yang punya ide menarik terkait kelistrikan bisa ikut dalam ajang PLN ICE 2021.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com –  kembali menggelar ICE (Innovation & Competition in Electrcity) 2021. Gelaran ini merupakan wujud peran aktif untuk terus mendorong inovasi anak bangsa di sektor kelistrikan. Bertajuk “Electrifying Lifestyle”, tahun ini gelaran ICE diisi oleh kompetisi desain inovasi kendaraan listrik, desain peralatan kelistrikan, serta ide program bisnis teknologi tepat guna.

Direktur Utama , Zulkifli Zaini berharap dengan lahirnya karya inovasi anak bangsa ini Indonesia tidak hanya menjadi konsumen dari kendaraan dan peralatan listrik, namun juga dapat menjadi produsen.

“Kita melihat pemanfaatan energi di seluruh dunia mulai bergeser ke listrik, mulai dari kendaraan, kompor, teknologi pertanian, dan sebagainya. Jadi kita ingin mendorong lahirnya karya-karya anak bangsa agar kita tidak menjadi konsumen, tetapi juga bisa menjadi produsen,” ucapnya.

Pendaftaran kompetisi dibuka hingga 7 Mei 2021 melalui situs web ice.pln.co.id. Untuk kategori kendaraan listrik terdapat 4 sub kategori yaitu sub kategori mobil listrik, sub kategori motor listrik, sub kategori sepeda listrik dan sub kategori kendaraan listrik roda tiga. Kompetisi kategori kendaraan listrik dapat diikuti oleh mahasiswa aktif dari perguruan tinggi.

Sementara untuk kategori non kendaraan listrik terdapat 2 sub kategori yaitu sub kategori peralatan listrik dan sub kategori program bisnis. Kompetisi kategori ini dapat diikuti oleh mahasiswa, komunitas, dan pelaku UMKM.

Peserta yang terdaftar akan melalui tahap seleksi administrasi dan tahap seleksi proposal. akan memilih 15 proposal terbaik untuk setiap sub kategori yang akan melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Selanjutnya dipilih 3 pemenang per sub kategori (kecuali kategori mobil listrik) juga akan diberikan pendanaan untuk membuat prototipe dari hasil ide proposalnya.

Adapun total nilai hadiah dan pendanaan untuk pembuatan prototipe mencapai Rp 1 miliar. “Jadi kami ingin proposal yang dibuat peserta tidak hanya ide, tapi dapat diwujudkan menjadi karya nyata anak bangsa,” kata Zulkifli.

Lahirnya inovasi karya anak bangsa melalui ICE ini diharapkan dapat mendorong gaya hidup elektrifikasi yang lebih ramah lingkungan. “Kalau kita berpindah ke listrik, selain lebih efisien dan ramah lingkungan, tentu ini akan meningkatkan ketahanan energi nasional karena penyediaan listrik memanfaatkan potensi yang ada di dalam negeri,” pungkas Zulkifli. (diy/mid/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO