Jumat, 07 Mei 2021 23:53

Ketua PW GPK Jatim Klarifikasi Penyebab Tertundanya Pemberian Hadiah Lomba Baca Kitab Kuning

Minggu, 28 Maret 2021 00:02 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Ahmad Fuad
Ketua PW GPK Jatim Klarifikasi Penyebab Tertundanya Pemberian Hadiah Lomba Baca Kitab Kuning
H. Muhamad Khozin

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ketua Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ka'bah (GPK) Jawa Timur sekaligus Ketua Panitia Lomba Baca Kitab Kuning, H. Muhammad Khozin, tabayyun kepada HARIAN BANGSA, terkait informasi dan pemberitaan yang disampaikan Akhmad Kholily Kholil atau Gus Kholil. Menurut dia, berita itu kurang berimbang dan tidak utuh penyampaiannya. 

“Sehingga memunculkan misspersepsi dan merugikan citra organisasi PW GPK pada khususnya, dan PPP pada umumnya,” katanya melalui aplikasi percakapan WhatsApp, Sabtu (27/3/2021).

Berikut kronologi dan tabayyunnya:

Rangkaian lomba meliputi lomba Baca Kitab Kuning dan Essai dilaksanakan 7-8 Januari 2021 atau beberapa hari jelang acara Rakerwil PW GPK Jatim pada 9 Januari 2021. Rakerwil PW GPK direncanakan awalnya di Kabupaten Jombang. Lomba diadakan secara virtual. Acara ditunda dikarenakan Jombang termasuk wilayah yang penyebaran Covid-19-nya meningkat dalam beberapa hari terakhir.

BACA JUGA : 

Poros Islam Berpeluang Terbentuk di Jatim

Ra Latif, Cicit Mbah Kholil Punya Kans Pimpin PPP Jatim

​Dongkrak Suara Nasional, PPP Bisa Maksimalkan Suara Nahdliyin di Jatim

PC GPK Jombang Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Panitia menyepakati hadiah pemenang lomba kitab kuning akan diberikan secara langsung di lokasi malam puncak acara, sekaligus diserahkan oleh tamu/undangan VIP dengan pertimbangan untuk menambah semarak. Sekaligus bentuk penghormatan kepada para pemenang.

Pemenang atas nama Akhmad Kholily, melalui salah seorang pengurus DPW PPP Jatim menanyakan perihal hadiah saat pembukaan cafe DPW PPP Jatim. Ketua PW GPK menjelaskan alasan dan pertimbangan hadiah diserahkan di malam puncak.

Pada 10 Maret 2021, dengan pertimbangan teknis, di antaranya situasi pandemi Covid-19 dan mepetnya tenggat pelaksanaan agenda rakerwil, maka diputuskan lokasi acara digeser ke aula DPW PPP Jatim dengan peserta dibatasi dan tanpa undangan eksternal, pun tidak mengundang pemenang.

Pada 15 Maret 2021, PW GPK Jatim mengirim surat resmi kepada pemenang lomba baca kitab kuning berisi permohonan maaf dan permintaan nomor rekening untuk pengiriman hadiah.

Pelaksanaan rakerwil, pelantikan, dan Harlah PW GPK ke-39 dilaksanakan dalam waktu yang singkat, satu hari, dengan penerapan prokes yang ketat. Saat rilis klarifikasi ini dikirim, proses pemberian hadiah lomba sedang dilakukan oleh panitia. (afa)

Awal Mula Tarawih Cepat di Ponpes Hidayatullah Al Muhajirin Bangkalan
Jumat, 07 Mei 2021 23:44 WIB
BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Ada fenomena yang selalu viral setiap Bulan Ramadan, yakni Salat Tarawih Cepat. Jika di Indramayu ada pesantren yang menuntaskan salat tarawih 23 rakaat dalam durasi hanya 6 menit, di Bangkalan juga ada pesantren ya...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...