Selasa, 15 Juni 2021 21:00

Calon CPNS-PPPK, Pemkab Pamekasan Ajukan 267 Formasi CPNS dan 1.013 Formasi PPPK ke Kemendagri

Kamis, 25 Maret 2021 12:13 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Yeyen
Calon CPNS-PPPK, Pemkab Pamekasan Ajukan 267 Formasi CPNS dan 1.013 Formasi PPPK ke Kemendagri
Abdul Malik. foto: yeyen/ bangsaonline.com

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan sudah mengajukan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada tahun 2021 ini.

Hal tersebut diungkapkan Kasubbid Pengadaan dan Pemberhentian Aparatur BKPSDM Pamekasan, Abdul Malik. Ia mengatakan, Pemkab Pamekasan mengajukan mengajukan sebanyak 267 formasi CPNS. Sedangkan untuk P3K sebanyak 1.013 Formasi.

"Jumlah kebutuhan formasi CPNS dan P3K tersebut masih usulan dari pemkab, dan masih menunggu keputusan, dan belum tentu disetujui semua," kata Abdul Malik kepada BANGSAONLINE.com di kantornya, Kamis (25/3/21).

Abdul Malik menambahkan, penentuan formasi yang disetujui oleh Kemendagri akan disampaikan akhir bulan Maret 2021, sebagaimana hasil rapat koordinasi (rakor). Begitu formasi sudah ditetapkan, pihaknya akan langsung membuat pengumuman dan membuat petunjuk teknis (juknis) pendaftaran.

BACA JUGA : 

Maksimalkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Pasuruan Segera Tambah Fasilitas RSUD Bangil

Antisipasi Kekurangan Air Bersih, Rumah Zakat Resmikan Bantuan Sumur Bor di Pamekasan

Sate Lalat Awali Aliansi AMSI-Pemkab Pamekasan Perangi Hoaks

Tinggal Tunggu Jawaban Kemendagri, Ini Pandangan Figur Paling Cocok Calon Sekda Lamongan

"Nanti panitia kami akan melakukan kegiatan penyusunan draft pengumuman dahulu setelah ada pengumuman penetapan formasi yang disetujui. Lalu, kita akan mulai proses pendaftaran," ujarnya.

Nantinya, rekrutmen CPNS dan P3K tidak akan bersamaan. Selain itu, peserta juga tidak boleh mendaftar keduanya karena berbeda kualifikasi.

"Karena kesehatan dan teknis ada di CPNS, sedangkan koalisi pendidikan di P3K. Bisa saja duluan formasi CPNS atau formasi P3K yang didahulukan, kita masih menunggu pengumuman resminya," kata Abdul Malik.

Malik menyarankan, bagi yang akan mengikuti perekrutan CPNS dan P3K segera mempersiapkan diri. "Untuk test CPNSD kemungkinan masih sama dengan tes pada tahun tahun sebelumnya, tapi ada kemungkinan passing grade-nya mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk PPPK, tesnya menggunakan sistem Standar Kompetensi Jabatan (SKJ) yang meliputi standart kompetensi teknis, kemudian kultural dan wawancara," urainya.

Menurutnya, tenaga pendidik yang memiliki sertifikat pendidik juga berkesempatan mengikuti tes seleksi PPPK.

"Khusus P3K diutamakan kemungkinan adalah rekrutmennya bagi Guru Tidak Tetap (GTT) yang berada di bawah naungan Sekolah Dasar Negeri. Namun bagi Guru Tetap Yayasan (GTY) masih juga berpeluang. Apabila nantinya dari hasil tes tahap 1 masih ada kekosongan formasi di sekolah negeri, maka bagi guru yang berada di lembaga swasta bisa terjaring pada rekrutmen PPPK selanjutnya," jelasnya.

Lebih jauh, Abdul Malik menjelaskan bahwa PPPK adalah tenaga kontrak yang statusnya mirip dengan PNS atau ASN. "Entah kontraknya 1 tahun atau 5 tahun berlakunya, tapi apabila sudah mendekati pada akhir kontraknya dan yang bersangkutan tidak ditemui pelanggaran baik yang ringan ataupun berat, maka kami dari BKPSDM akan melakukan perpanjangan kontraknya ke Kemendagri," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, ia juga mengimbau masyarakat tidak mudah percaya kepada orang-orang yang menjanjikan bisa meluluskan tes CPNS atau P3K. "Silakan cek di situs media resmi masalah kelulusan. Perekrutan CPNS dan P3K ini benar-benar murni," kata Abdul Malik. (yen)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...