Pemkot Pasuruan Komitmen Dukung Pengarusutamaan Gender

Pemkot Pasuruan Komitmen Dukung Pengarusutamaan Gender Verifikasi Lapangan Anugerah Parahita Ekapraya yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Untung Suropati Kota Pasuruan, Senin (22/3) kemarin.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA RI melakukan verifikasi lapangan terkait pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 yang dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Untung Suropati Kota Pasuruan, Senin (22/3) kemarin. Acara ini dihadiri oleh seluruh perangkat daerah di Kota Pasuruan, pimpinan lembaga masyarakat, perguruan tinggi, media massa, dan dunia usaha di Kota Pasuruan.

Kegiatan ini sebagai salah satu evaluasi dan penilaian APE kepada Pemerintah Daerah sebagai bentuk pengakuan dan komitmen serta peran kepala daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender melalui di masing-masing wilayah. Mengingat bahwa gender merupakan bagian utama dari tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDG) 2030.

Dalam kesempatan ini Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo yang membuka kegiatan memberikan paparan tentang komitmen Kota Pasuruan dalam mendukung

Menurut Wakil Wali Kota Pasuruan yang karib disapa Mas Adi ini, selama ini Kota Pasuruan telah mewujudkan dan berupaya mengintegrasikan kearusutamaan gender, di antaranya yaitu dengan ditetapkannya Perda No. 11 Tahun 2013 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, serta Rancangan Perda tentang Pengarusutamaan Gender Tahun 2018 yang masuk dalam Prolegda Tahun 2021.

"Perencanaan dan penganggaran yang dilakukan Kota Pasuruan mengacu pada money policy program partisipatif dan sustainable. Upaya lain yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan untuk meningkatkan peran perempuan diantaranya melalui pelatihan di bidang politik dan kewirausahaan," ujar Mas Adi didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, Dan Pengembangan Daerah.

Setelah Mas Adi memberikan sambutannya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan kondisi di Kota Pasuruan. Acara ditutup dengan tanya jawab oleh verifikator Kementerian PPPA kepada Wakil Wali Kota Pasuruan dan perangkat daerah terkait, dan perwakilan dari lembaga masyarakat di Kota Pasuruan serta perwakilan dari dunia usaha di Kota Pasuruan.

Sekadar informasi, Anugerah Parahita Ekapraya merupakan sebuah penghargaan bergengsi sebagai apresiasi bagi kota/kabupaten yang telah antusias mendukung, mendokumentasikan, dan menyampaikan hasil yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan anak.

Penerima penghargaan juga dinilai sukses dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan secara berkesinambungan melalui integrasi isu gender dalam kebijakan program serta kebijakan pembangunan.Untuk itu semua perangkat daerah perlu untuk mencantumkan anggaran responsif gender pada dokumen perencanaan. (ard/rev)

Video Terpopuler:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO