Proyek Peremajaan Pipanisasi, Bupati Gus Yani Minta PDAM Giri Tirta Gandeng Pihak Ketiga

Proyek Peremajaan Pipanisasi, Bupati Gus Yani Minta PDAM Giri Tirta Gandeng Pihak Ketiga Bupati Gus Yani. (foto: ist)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) meminta kepada BUMD PDAM Giri Tirta agar menggandeng pihak ketiga untuk bekerja sama dalam proyek peremajaan pipa dan infrastruktur PDAM di wilayah perkotaan, melalui pembentukan KPBU (Kerja Sama Perusahaan Badan Usaha).

Sebab, Presiden RI Joko Widodo telah meresmikan SPAM di Desa , Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan yang bisa mendistribusikan air sebesar 4.000 liter per detik untuk sejumlah wilayah kabupaten/kota di Jatim. Salah satunya, adalah Kabupaten Gresik yang mendapat jatah sebanyak 1.000 liter per detik.

"Saya minta dengan diresmikannya pemanfaatan air dari Pasuruan sebanyak 1.000 liter untuk Kabupaten Gresik, agar BUMD PDAM Giri Tirta gandeng pihak ketiga dengan model kerja sama KPBU untuk membiayai proyek peremajaan pipanisasi wilayah perkotaan dan infrastruktur pendukung yang direncanakan menelan anggaran sebesar Rp400 miliar," kata Bupati Gus Yani kepada BANGSAONLINE.com usai menghadiri Peresmian SPAM oleh Presiden RI Joko Widodo di Desa , Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Senin (22/3/2021).

"Langkah ini agar tak membebani APBD Gresik, " sambungnya.

Menurut Bupati Gus Yani, PDAM telah mengajukan anggaran di APBD Gresik sebesar Rp400 miliar. Anggaran sebesar itu untuk kebutuhan jaringan PDAM di wilayah perkotaan, seperti untuk peremajaan pipa yang usianya di atas 30 tahun.

"Anggaran Rp400 miliar itu besar. Jelas akan membebani APBD kita. Makanya, saya minta PDAM bisa kerja sama dengan pihak ketiga," pintanya.

Ditegaskan Bupati Gus Yani, kerja sama model KPBU tersebut bisa dilakukan dengan model kerja sama BOT (Build Operate Transfer) seperti yang pernah dilalukan PDAM dengan pihak ketiga sebelumnya selama puluhan tahun. "Saya kira banyak perusahaan pihak ketiga yang mau diajak kerja sama seperti itu," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO