Nama KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab, dan Tony Koeswoyo Diabadikan Nama Jalan di Tuban

Nama KH Hasyim Asy Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa ketika meresmikan tiga nama jalan di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, meresmikan tiga nama jalan di Lingkar , yakni Jl. KH Hasyim Asy'ari, Jl. KH Abd. Wahab Hasbullah, dan Jl. Tonny Koeswoyo.

Dalam sambutanya, Gubernur mengatakan, proses ini bisa meningkatkan mobilitas masyarakat sehingga memberi nilai tambah untuk peningkatan ekonomi, pendidikan dan sosial.

"Proses ini sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah dan sekitarnya. Selain Jalan Lingkar di sini nantinya akan ada pembangunan dengan nilai investasi yang cukup besar, semoga menjadi berkah untuk masyarakat," kata Gubernur saat kunjungan kerja di Kabupaten , Sabtu (20/3/2021).

Sementara Wakil Bupati , Noor Nahar Hussein mengatakan, ada dua nama untuk Jalan Lingkar yang diambil dari nama tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) yakni Jalan KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah. Sedangkan Tonny Koeswoyo merupakan pimpinan grup musik Koes Plus yang lahir di .

Menurut Noor pembebasan lahan untuk Jalan Lingkar sudah dilakukan sejak 2015 dengan panjang hampir 13 Km, lebar 32 meter sehingga total luas mencapai 37.769 m2 dengan biaya mencapai hampir Rp153 miliar. Sejak 2019 memulai pembangunan tahap satu fisik konstruksi sepanjang 5,7 km, menghabiskan biaya Rp70 miliar, selanjutnya pembangunan tahap dua tahun 2020 dengan pembangunan jalan tahap dua sepanjang hampir 7 Km dengan biaya Rp72 milar.

"Jadi total biaya yang kami habiskan untuk tahap satu dan dua di satu sisi jalan dan pembebasan lahan mencapai Rp300 miliar," ujarnya

Sebenarnya menurut Noor, perjanjian dengan pusat (Karena akan menjadi jalan nasional red), Pemkab hanya mengurusi pembebasan lahan saja sedangkan fisik konstruksi pembangunan dikerjakan pusat melalui APBN.

"Alhamdulillah satu sisi sudah selesai dikerjakan melalui APBD kami, sekarang kami sudah mengangarkan untuk tahap pertama pembangunan sisi kanan jalan sebesar Rp80 miliar," imbuhnya.

Noor menambahkan pembangunan jalan ini masuk dalam proyek strategis nasional Perpres 80 dan untuk menunjang akses ke kilang minyak di Semanding serta menghidupkan akses ekonomi bagian selatan. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO