Rabu, 23 Oktober 2019 08:07

Calon Gubernur Jatim, Kiai NU Jagokan Anas, M Nuh, Nahrawi dan Khofifah

Selasa, 17 Februari 2015 20:33 WIB
Calon Gubernur Jatim, Kiai NU Jagokan  Anas, M Nuh, Nahrawi dan Khofifah
KH Masykur Ali. foto: kabarbanyuwangi

BangsaOnline - Meski pemilihan gubernur Jawa Timur masih akan berlangsung pada 2018 tapi kandidat calon orang nomor satu di Jatim itu mulai jadi wacana di kalangan kiai NU. KH Masykur Ali, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi mengaku mendapat telepon dari ketua PCNU daerah lain yang intinya minta agar Abdullah Azwar Anas menjadi calon gubernur Jawa Timur.

Menurut dia, permintaan PCNU daerah lain agar Abdullah Azwar Anas yang kini menjabat bupati Banyuwangi itu dicalonkan sebagai gubernur Jawa Timur merupakan suatu pengakuan prestasi .“Tempo hari ada PCNU (daerah lain) yang telepon minta agar Pak Azwar Anas diikhlaskan untuk jadi calon gubernur,” kata Kiai Masykur Ali kepada BangsaOnline.com (Selasa,17/1)

Menurut dia, kalau memang dikehendaki para kiai dan para masayich, PCNU Banyuwangi harus merelakan untuk Jatim Satu.

“Cuma harus melalui jaring aspirasi seperti dalam pencalonan bupati di Banyuwangi,” kata Kiai Masykur.Meski demikian ia minta agar Azwar Anas masih dipertahankan jadi bupati Banyuwangi untuk periode kedua. Ia menyatakan, Azwar Anas tanpa kampanye pun bisa menang. Karena dari jaring aspirasi, kata Kiai Masykur, mendapat dukungan 93 persen. 

Munculnya nama Azwar Anas ini menambah daftar panjang calon gubernur Jawa Timur. Semula calon gubernur Jawa Timur pasca Soekarwo diperkirakan hanya Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Ternyata para kiai NU justeru menampilkan kader NU lain.

Selain Azwar Anas, yang kini disebut-sebut para kiai NU sebagai calon gubernur Jawa Timur adalah M Nuh (mantan Mendiknas), Imam Nahrawi (kini Menpora), Fathul Huda (bupati Tuban) dan Halim Iskandar (ketua DPRD Jatim). Bahkan banyal kiai NU yang minta Khofifah Indar Parawansa yang kini menjabat Mensos untuk running kembali.

Yang menarik, meski kini beberapa kiai terang-terangan soal sosok kandidat yang dikehendaki tapi ada juga ketua Tnfidziah PCNU yang masih minta namanya dirahasiakan. Meski demikian ia secara tegas mengaku mendukung kader NU selain Gus Ipul.

“Kita butuh sosok calon gubernur yang tidak resisten dan tak banyak konflik dengan kiai,” kata ketua PCNU di kawasan Gerbangkertasusila yang enggan disebut namanya.

“NU banyak sekali punya stok kader yang bisa mengayomi para kiai, bukan selalu bermanuver untuk mengadu domba kiai,” imbuhnya. (tim)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 22 Oktober 2019 23:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hutan Kota Balas Klumprik menyediakan area Bumi Perkemahan. Hutan Kota yang dikenal dengan sebutan Taman Hutan Raya ini terletak di belakang Kantor Kelurahan Balas Klumprik, Wiyung. Dari sekitar 4,3 hektare luas hutan kot...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Senin, 21 Oktober 2019 12:15 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...