Selasa, 15 Juni 2021 19:29

Diduga Ada Warga Kena Chikungunya, BHS Langsung Gelar Fogging di Penambangan Balongbendo

Jumat, 12 Maret 2021 23:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Musta'in
Diduga Ada Warga Kena Chikungunya, BHS Langsung Gelar Fogging di Penambangan Balongbendo
SIMBOLIS: BHS saat baksos fogging di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Jumat (12/3/2021). foto: MUSTA'IN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono (BHS) menggelar baksos fogging (pengasapan) di Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo, Jumat (12/3/2021). 

Hal itu dilakukan usai adanya informasi sejumlah warga Penambangan jatuh sakit diduga terkena penyakit chikungunya.

Kata BHS, begitu mendapat kabar tersebut, dirinya langsung tanggap dan mengirimkan tim relawan BHS untuk melakukan fogging di Desa Penambangan Balongbendo tersebut.

"Tim melakukan penyemprotan (fogging) di beberapa titik di Desa Penambangan. Semoga tidak menyebar ke desa-desa lain," cetus BHS saat memantau relawan BHS melakukan fogging di RT 5/RW 1 Desa Penambangan.

BACA JUGA : 

Tak Kantongi Izin, ​Hajatan di Rumah Kades Sidokepung Sidoarjo Dibubarkan Satgas Covid Buduran

Meriahkan HJKS ke-728, Wali Kota Eri Buka Fogging Mobil Gratis

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Ditegaskan BHS, baksos fogging yang dilakukannya ini, karena dia mendengar ada musibah yang dialami sejumlah warga Desa Penambangan yang menyangkut masalah kesehatan.

Dan bagi BHS, kesehatan merupakan segala-galanya karena berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM) yang merupakan aset terbesar bagi sebuah wilayah, termasuk Kabupaten Sidoarjo. "Jadi ini kita harus lindungi," tandas mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

BHS menambahkan, pihaknya juga berharap Pemkab Sidoarjo melalui kecamatan dan puskesmas setempat untuk menindaklanjuti permasalahan yang menimpa sejumlah warga Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo.

"Kami berharap pemkab untuk segera memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan nyamuk sehingga masyarakat tidak menjadi resah," harap owner PT Dharma Lautan Utama (DLU) Grup ini.

Kepala Desa (Kades) Penambangan Helmi Firmansyah mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada BHS dan timnya yang cepat tanggap membantu masyarakat di Desa Penambangan dengan menggelar fogging.

Helmi menjelaskan, ada sekitar 50 warganya yang mengalami sakit diduga akibat gigitan nyamuk. Dia mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo melalui surat resmi dan ditembuskan ke Kecamatan Balongbendo. Hal itu karena perlu penanganan cepat.

"Dan alhamdulillah dari tim BHS dan Pak Bambang (BHS) membantu dengan bakti sosial ini untuk menangani penyakit akibat nyamuk ini," urai Helmi usai bersama BHS bertemu beberapa warga Penambangan yang mengalami keluhan sakit diduga akibat gigitan nyamuk.

Saat ditanya apakah keluhan warga itu termasuk chikungunya, Helmi belum bisa memastikannya. Hanya saja jika diperhatikan secara seksama dengan analisa non medis, keluhan yang diderita sejumlah warganya salah satunya akibat banyaknya nyamuk di lingkungan rumah warga.

Helmi menambahkan, sejumlah warga yang mengeluh sakit itu terjadi sejak sebelum dia dilantik sebagai kades pada 3 Maret 2021 lalu. Dan jika ditotal ada sekitar 50 orang yang mengalami sakit. "Mereka dari enam RT. Pertama terjadi di RT 5 terus RT 6, kemudian merambah ke RT 1, 2, 3 dan 4," jlentreh Helmi.

Terpisah, Siti Nurokyati (50), warga RT 4/RW 1 Desa Penambangan bercerita, sebulan lalu dia mengalami demam. Dia juga merasa linu di persendian tubuhnya. Di kakinya juga muncul bintik-bintik merah. "Rasanya badan sakit semua," cetus Nurokyati yang mengalami sakit selama dua hari dan sembuh setelah berobat ke dokter. (sta/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...