Satgas TMMD ke-110 Berikan Bantuan Modal dan Pemasaran ke Warga Harjomulyo Jember

Satgas TMMD ke-110 Berikan Bantuan Modal dan Pemasaran ke Warga Harjomulyo Jember Satgas TMMD ke-110 Jember sedang membantu para perajin kerai bambu.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Harjomulyo, Kecamatan Silo, Jember seakan didesain tangguh untuk bercocok tanam. Tidak hanya itu, mereka juga luwes untuk melahirkan karya tirai bambu yang menurut bahasa setempat disebut kerai.

Kerajinan tangan yang berbahan dasar bambu tersebut dianggap mempu menopang perekonomian masyarakat Desa Harjomulyo. Bahkan selain bertani, itu sudah sejak lama menjadi mata pencaharian masyarakat Desa Harjomulyo.

Karya ini juga menghasilkan pundi-pundi uang sebagai penopang perekonomian bagi masyarakat.

Dengan model pemasaran secara swadaya terbukti menghasilkan banyak permintaan yang masuk untuk produk yang dihasilkan, salah satunya yang menjadi pasar mereka adalah Pulau Bali.

Melihat potensi itu, prajurit TNI Satuan Tugas (Satgas) program TNI Manungggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 memberi dorongan berupa modal serta pemasarannya.

"Peran TNI dalam rangka TMMD ke-110, kita membantu permodalan bagi masyarakat sini serta pemasaran agar produknya dikenal lebih luas lagi," ucap Dan SSK Kapten Inf Sugiono di sela-sela tugasnya, Jumat (12/03/2021) di Desa Harjomulyo.

Ia juga berharap ada perhatian dari pemerintah, baik daerah maupun pusat. Sebab dari dulu hingga sekarang para perajin masih membuat kerai dengan cara manual.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO