Peringati HUT ke-534 Kota Gresik, Onomastika Rilis Lagu Damar Kurung

Peringati HUT ke-534 Kota Gresik, Onomastika Rilis Lagu Damar Kurung Kelompok Musikalisasi Puisi Onomastika. (foto: dok. onomastika)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kelompok alisasi puisi di usianya berjalan 3 tahun ini merilis terbaru berjudul Damar Kurung dalam bentuk video lirik di YouTube, Selasa (9/3/2021) pukul 20.00 WIB. Hal ini seolah seperti memberikan hadiah spesial bagi di hari jadinya ke-534 yang bertepatan dengan Hari Musik Nasional yang juga diperingati setiap 9 Maret.

Video lirik tersebut dibuat bersama komunitas film pendek Movie di Bale Keling Lumpur, . Menjadi pengalaman pertama bagi untuk mengalihwahanakan lukisan menjadi , dan Damar Kurung menjadi pertama yang sajaknya ditulis sendiri menggunakan bahasa Jawa.

mengadaptasi gagasan lukisan damar kurung karya maestro Almarhumah Masmundari yang berhasil mengilustrasi sisi kehidupan masyarakat dalam lukisan dua dimensi.

Menceritakan aktivitas sore hari masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan buruh pabrik, pun kegiatan anak-anak mengaji. Juga, budaya padusan (tradisi penyucian diri masyarakat Jawa jelang Ramadan).

Namun bagi masyarakat , istilah padusan lebih dikenal sebagai sebuah tradisi berziarah dan membersihkan makam leluhur, keluarga, sanak famili ataupun kerabat dekat yang dilakukan ketika menuju Ramadan dan menyambut lebaran.

Sebelumnya, pada tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menetapkan ikon budaya masyarakat , Damar Kurung, sebagai warisan budaya tak benda. Hal ini menjadikan keberadaannya perlu dilestarikan dan dikembangkan, salah satunya melalui .

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO