Rabu, 21 April 2021 05:10

Peduli Lingkungan, Offroader dan Komunitas Trail Tanam 500 pohon di Gunung Klotok

Sabtu, 06 Maret 2021 14:13 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Muji Harjita
Peduli Lingkungan, Offroader dan Komunitas Trail Tanam 500 pohon di Gunung Klotok
Dari kanan ke kiri, Gus Gendeng (perwakilan Komunitas Trail), Suntoko (Perhutani), Ridwan Sahara (perwakilan Off-Roader), Dodi Purwanto (Ketua DPRD Kabupaten Kediri), dan Anggota Offroader lainnya, saat menanam pohon di kawasan Hutan Gunung Klotok, Sabtu (6/3). foto: Muji Harjita/ BANGSAONLINE.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Puluhan anggota Offroader Kediri dan Komunitas Trail Kediri menggelar aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok dan aksi bakti sosial bagi sembako, Sabtu (6/3). Aksi tanam yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto itu juga melibatkan puluhan relawan yang tergabung dalam Aliansi Relawan Peduli Lingkungan (ARPLH) Kediri.

Sebanyak 500 pohon seperti pohon buah duku, matoa, dan mahoni ditanam di petak 137 di mana terdapat jalur off-road yang setiap Sabtu dan Minggu selalu dilewati untuk menyalurkan hobi para offroader.

Ridwan Sahara, perwakilan offroader mengatakan bahwa aksi tanam pohon di kawasan hutan Gunung Klotok ini adalah bentuk kepedulian para offroader terhadap lingkungan. Menurutnya, para offroader telah berjanji untuk ikut menjaga kelestarian lingkungan, terutama di kawasan Gunung Klotok.

"Kami tidak ada niat untuk merusak dan apalagi menghancurkan alam. Kami juga peduli lingkungan. Salah satunya, kami buktikan dengan menanam pohon di Gunung Klotok ini," kata Ridwan Sahara, Sabtu (6/3).

BACA JUGA : 

Kantor Imigrasi Kediri Bagikan Takjil Setiap Hari Selama Ramadan 1442 H

​Antisipasi Kejahatan Jalanan Jelang Idulfitri, Polres Kediri Siapkan Tim Reaksi Cepat

Makam Mbah Mursyad Sudah Dibuka untuk Peziarah

Hindari Kemacetan Menuju Kota Kediri, Warga Bulusari Ini Pilih Naik Perahu

Menurut Ridwan, pihaknya juga bersinergi dan bekerja sama dengan kawan-kawan komunitas pencinta lingkungan yang ada di kota maupun di Kabupaten Kediri untuk penanaman pohon.

Senada disampaikan Gus Gendeng, mewakili Komunitas Trail Kediri. Menurutnya, alam dan lingkungan harus selalu dijaga oleh siapa pun. "Karena bila tidak dijaga, tentunya alam akan rusak dan bisa menimbulkan bencana seperti banjir dan tanah longsor seperti yang baru terjadi di Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk," katanya.

Sementara itu, dr. Ari Purnomo Adi, Koordinator Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup (ARPLH) Kediri sangat mengapresiasi aksi tanam pohon yang dilakukan oleh para offroader dan komunitas trail di Kediri ini.

"Hari Minggu (28/3) lalu, kami telah digandeng PWI Kediri untuk melakukan reboisasi dan revitalisasi sumber air di Gunung Klotok dalam rangka peringatan HPN tahun 2021. Tentunya aksi tanam kemarin itu pasti ada yang terlewatkan. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada kawan-kawan offroader dan komunitas trail yang menyulam dan menanami lahan yang terlewati tersebut," kata dr. Ari.

"Maka dari itu, semakin banyak orang yang peduli salah satunya diwujudkan dengan menanam pohon di Gunung Klotok, maka mata air yang ada di Gunung Klotok bisa tetap hidup dan berguna bagi masyarakat sekitar," ujar aktivis lingkungan nyentrik itu. (uji/ns)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...