Jelang Ramadan, 1.200 Kiai dan Imam Masjid di Gresik Divaksin

Jelang Ramadan, 1.200 Kiai dan Imam Masjid di Gresik Divaksin Wabup Bu Min didampingi Forkopimda, Kadinkes, Ketua MUI, dan Ketua DMI saat meninjau vaksinasi terhadap ulama dan imam masjid. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSONLINE.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah membuktikan janjinya melakukan vaksinasi kepada 1.200 ulama, kiai, dan se-Kabupaten Gresik bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). Vaksinasi itu digelar di halaman kantor Pemkab Gresik, Sabtu (7/3/2021).

Vaksinasi ini dihadiri Wakil Bupati Aminatun Habibah (Bu Min), Kapolres AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 Letkol Infantrie Taufik Ismail, Ketua MUI Gresik KH. Mansur Shodiq, Kepala Kemenag Gresik Markus, dan Ketua DMI KH. Zainal Abidin.

Dalam sambutannya, Wabup Bu Min mengapresiasi antusias ulama, kiai, dan yang mengikuti vaksinasi. Dari 100 orang target awal, ternyata pesertanya bertambah hingga mencapai 1.200 orang.

"Kami berharap vaksinasi untuk para ulama, kiai, dan bisa lebih mengoptimalkan peribadatan saat bulan suci Ramadan nanti. Para kiai dan merupakan garda terdepan dalam pelaksanaan ibadah ramadan. Selain itu memberikan rasa aman kepada jamaah dan tidak merasa ragu untuk beribadah di masjid saat ramadan," kata Bu Min.

Nantinya, lanjut Bu Min, vaksinasi juga akan menyasar masyarakat umum. Mereka bisa melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, Pemkab Gresik telah mencanangkan 1.000 orang vaksinator untuk mempercepat vaksinasi.

"Juga mencanangkan 200 fasilitas pelayanan kesehatan yang ada di seluruh Kabupaten Gresik untuk melaksanakan vaksinasi," pungkasnya.

Ketua MUI Gresik, KH Mansyur Shodiq menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan serta segenap Pemerintah Kabupaten Gresik yang telah melaksanakan vaksinasi untuk kiai, ulama, dan . "Harapan kami agar semua ulama, , kiai dan bahkan masyarakat bisa ikut vaksinasi," katanya.

Sementara Ketua DMI Gresik, KH. Zainal Abidin merinci 1.200 peserta vaksin, yakni 200 orang ulama, dan kiai mulai dari MUI, LDII, PCNU, dan Muhammadiyah. Sedangkan 1.000 orang sisanya adalah di 356 desa dan kelurahan se-Kabupaten Gresik.

Kiai Zainal berharap, ke depan Pemkab Gresik juga melakukan vaksinasi terhadap imam langgar dan musala. "Satu dusun rata-rata ada 2-3 musala atau langgar," katanya

Dalam kesempatan ini, Kiai Zainal juga mengimbau masyarakat agar tak khawatir dalam menghadapi pandemi Covid-19. Terlebih, menjelang bulan suci Ramadan. "Insya Allah aman, namun semua tetap harus (menerapkan) protokol kesehatan saat berjamaah dan ibadah di masjid," pesannya. (hud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO