Jumat, 23 April 2021 10:06

Cek Vaksinasi Pedagang Pasar, Wali Kota Kediri: Insya Allah Pasar Kita Lebih Aman

Kamis, 04 Maret 2021 20:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Cek Vaksinasi Pedagang Pasar, Wali Kota Kediri: Insya Allah Pasar Kita Lebih Aman
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat berdialog dengan salah satu pedagang yang mengikuti vaksinasi. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengecek pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terhadap pedagang pasar di dua titik lokasi, yaitu di Pasar Banjaran dan Pasar Bandar, Kamis (4/3).

Wali Kota Kediri didampingi Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Kediri Alfan Sugiyanto, Kepala PD Pasar Ikhwan Yusuf, Camat Mojoroto Bambang Trilasmono, dan Lurah Banjaran Rohmat Setyo Rianto.

Wali Kota Kediri menjelaskan, pedagang di pasar menjadi sasaran vaksinasi karena pasar merupakan salah satu tempat yang berisiko menularkan virus Covid-19. Pasar menjadi tempat bertemunya banyak orang dari berbagai wilayah dan tidak jarang mengakibatkan kerumunan. Bahkan, sempat muncul klaster pasar.

“Mudah-mudahan kalau pedagang pasar sudah divaksin, Insya Allah akan jauh lebih aman pasar-pasar kita. Mudah-mudahan dengan seperti ini maka Insya Allah akan cepat pulih,” harapnya.

BACA JUGA : 

SAKIP Kota Kediri Kembali Peroleh Predikat BB Tahun Ketiga dari KemenPAN-RB

Polres Kediri Kota Gelar Lomba Da'i Kamtibmas

Ringankan Beban Warga, Pemkot Kediri Kembali Salurkan Bantuan Sembako Isoman

​Peringati Hari Kartini, Bunda Fey Kunjungi Tiga Kartini Masa Kini Berprofesi Unik

Seperti pelaksanaan vaksinasi biasanya, para pedagang terlebih dahulu didata dan menjalani screening kesehatan. Tidak hanya pedagang dari Kota Kediri, bahkan pegadang yang berasal dari luar kota pun juga menerima vaksin. Ada 360 pedagang di Pasar Bandar, 250 pedagang di Pasar Banjaran, dan 52 karyawan PD Pasar yang divaksin.

"Datanya langsung kita upload di sini karena pasar di sini uniknya para pedagang berasal dari Kabupaten Kediri atau luar Kabupaten Kediri, bahkan ada dari Nganjuk juga. Sehingga tadi saya sudah sampaikan dan diedukasi oleh teman-teman dari puskesmas bahwa nanti kalau di desanya ada vaksin nggak boleh divaksin lagi," imbuh wali kota seraya mengatakan para pedagang yang sudah divaksin akan mendapat sertifikat.

"Walaupun ada pedagang yang dari luar Kota Kediri, mereka tetap divaksin karena kerjanya di pasar yang ada di Kota Kediri dan menjadi tanggung jawab dari Pemerintah Kota Kediri. Pun juga sebaliknya, nanti ada warga Kota Kediri yang bekerja di luar Kota Kediri, itu nanti akan menjadi tanggung jawab pemerintah yang ada di luar Kota Kediri,” jelasnya.

Sementara itu, Kandarianto yang sehari-hari berdagang sembako di Pasar Banjaran mengaku tak merasakan efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) setelah menerima vaksin. Walaupun usianya sudah lansia, dirinya tetap merasa sehat dan bugar.

“Setelah divaksin saya nggak merasakan apa-apa. Segar, bugar, tidak nyeri, dan tetap sehat. Terima kasih banyak kepada panitia dan terutama pak Wali Kota Kediri. Vaksin ini aman dan tidak mengandung efek yang lainnya. Saya mengalami sendiri karena saya lanjut usia, tidak muda seperti yang lainnya,” ujar pedagang yang lahir tahun 1950 ini. (uji/rev)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...