Jumat, 23 April 2021 08:13

3 Hari Berjalan, Musrenbang Kecamatan Rampung

Kamis, 04 Maret 2021 13:41 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
3 Hari Berjalan, Musrenbang Kecamatan Rampung
Suasana musrenbang yang dilaksanakan di Kecamatan Pesantren. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Setelah pelaksanaan Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan) tingkat kecamatan selama dua hari kemarin di Kecamatan Kota dan Mojoroto, kemarin, Rabu (03/3/2021) musrenbang kecamatan kembali dilaksanakan di Kecamatan Pesantren secara virtual.

Seperti yang diketahui sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari. Pada hari Senin (1/3) musrenbang dilaksanakan di Kecamatan Mojoroto dan hari Selasa (2/3) di Kecamatan Kota, yang juga dilaksanakan secara virtual.

"Alhamdulillah pelaksanaan musrenbang tingkat kecamatan selama 3 hari berjalan dengan baik dan lancar," terang Edi Darmasto, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri, saat ditemui di ruangannya, Kamis (4/3).

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan musrenbang tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. “Tahun ini menggunakan sistem baru, SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah),” ungkap pria yang juga menjabat sebagai Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Pemerintah Kota Kediri ini.

BACA JUGA : 

SAKIP Kota Kediri Kembali Peroleh Predikat BB Tahun Ketiga dari KemenPAN-RB

Ringankan Beban Warga, Pemkot Kediri Kembali Salurkan Bantuan Sembako Isoman

Live di Instagram, Wali Kota dan Ketua TP PKK Kota Kediri Review Produk UMKM Lokal

Bangkitkan Potensi Lokal, Pemkot Kediri Gelar Lomba Foto Cerita KIM

Sejauh ini, kata dia, Musrenbang Tahun 2021 didominasi oleh usulan di bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Kaitannya untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Kota Kediri.

Adapun usulan-usulan tersebut nantinya akan menjadi bahan pertimbangan untuk dijadikan bahan penyusunan RKPD (Rencana Kerja Perangkat Daerah). "Setelah menampung usulan-usulan tersebut, nantinya oleh forkopimda akan dibawa dan dibahas ke tahap selanjutnya, yaitu musrenbang kota sebagai perencanaan pada tahun 2022,” imbuhnya.

Edi juga menyampaikan bahwa tujuan dari diadakannya musrenbang setiap tahunnya ini selain untuk menyerap aspirasi masyarakat, juga untuk meningkatkan kualitas perencanaan perangkat daerah sehingga lebih tepat sasaran.

"Harapan kami, nantinya RKPD akan semakin berkualitas sehingga terjadi percepatan pencapaian hasil pembangunan menuju Kota Kediri yang lebih baik," pungkas Edi. (uji/rev)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...