Jumat, 23 April 2021 09:35

​Rumah Bupati Jember Diterjang Banjir, Usai Sertijab, Khofifah Kunjungi Korban Serahkan Bantuan

Rabu, 03 Maret 2021 20:37 WIB
Editor: mma
​Rumah Bupati Jember Diterjang Banjir, Usai Sertijab, Khofifah Kunjungi Korban Serahkan Bantuan
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat melakukan peninjauan bencana banjir di Dusun Kreongan, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember, Selasa (2/3/2021). foto: ist

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seusai menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Bupati dan Wakil Bupati Jember, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan bencana banjir di Dusun Kreongan, Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember.

Curah hujan yang cukup tinggi di lereng Gunung Argopuro pada Sabtu (27/2) lalu mengakibatkan air di sungai yang melewati tiga kecamatan, yakni Kecamatan Patrang, Bangsalsari, dan Rambipuji, meluap. Satu dari ratusan rumah yang kebanjiran tersebut merupakan kediaman Bupati Jember yang baru dilantik, Hendy Siswanto.

Pada saat orang nomer satu di Jatim tersebut melihat lokasi, tampak genangan banjir sudah surut total. Masyarakat juga melakukan kegiatan normal, di samping bersih-bersih di wilayah banjir tersebut.

BACA JUGA : 

Ekonomi Jatim Bangkit! Ini Data Detailnya!

Hari Kartini, Gubernur Khofifah: Dulu Dipingit, Kanca Wingking, Kini Penggerak UMKM

Diminta Khofifah Desain Masjid Islamic Centre Jatim, Kang Emil Sanggup Desainkan Paling Keren

​Terima Perhargaan dari IPDN, Ini Strategi Khofifah Percepat Pemulihan Ekonomi di Tengah Covid-19

Di sekitar area terdampak banjir, Tagana Dinsos Kebupaten Jember mendirikan Dapur Umum di Mako Tagana (belakang Hotel Ardi Chandra) dengan logistik dari BPBD Kabupaten Jember. Mereka juga menyalurkan beberapa bantuan yang bisa dimanfaatkan warga.

Kedatangan Gubernur perempuan pertama di Jatim itu, langsung disambut para warga yang sudah berkumpul menunggu kehadiran mantan Menteri Sosial tersebut.

Seusai berdialog dengan warga dan membagikan sembako dan masker serta alat tulis kepada anak-anak, Gubernur Khofifah menyatakan, curah hujan yang melanda beberapa daerah di Jatim merupakan bentuk bencana hydrometeorologi.

Menurut dia, Pemprov Jatim dan Pemkab Jember tidak tinggal diam. Tapi melakukan sejumlah langkah antisipatif seperti pengerukan terhadap sungai akibat sedimentasi atau banyaknya endapan lumpur di sungai.

Maka, dalam waktu dekat Khofifah meminta untuk dilakukan pengerukan secara berkala terhadap seluruh sungai. "Pak Bupati membutuhkan bantuan berupa eskavator dan segera akan kami kirimkan. Nanti saya minta tim PU SDA Jember bisa berkoordinasi dengan tim dari PU SDA Provinsi Jatim," ungkapnya, Selasa (2/3/2021).

Khofifah menyatakan, selain pengerukan terhadap sedimentasi, sungai juga harus dicek, termasuk plengsengan-plengsengan tepi sungai. “Untuk itu, seluruh dinas terkait harus saling berkoordinasi mencegah sekaligus mengantisipasi jika terdapat curah hujan yang cukup tinggi agar tidak terjadi banjir atau bencana lainnya," tegasnya.

Bupati Jember Hendy mengemukakan, setidaknya ada dua faktor penyebab banjir di Jember. Yaitu sedimen lumpur di dalam sungai dan saluran-saluran air yang tertutup.

Bedasarkan data dari BPBD Kabupaten Jember, dari ketiga sungai yang meluap di lokasi sungai Kalijompo: Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Patrang, Kecamatan Sukorambi, Sungai Dinoyo: Kecamatan Rambipuji, Sungai Petung: Kecamatan Bangsalsari berdampak terhadap sejumlah kerusakan antara lain Rumah terdampak: 155 unit, fasum terdampak: 4 unit (tempat ibadah), rumah rusak ringan: 1 unit, rumah rusak sedang: 1 unit dan jembatan rusak berat: 1 unit.

Gubernur Khofifah - melalui BPBD Provinsi Jatim - menurunkan bantuan berupa sejumlah sembako dan masker sekaligus membagikan 80 kontainer paket kebersihan yang bisa digunakan warga pasca banjir. (*).

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...