Selasa, 20 April 2021 04:49

Belajar Tentang Prodamas, Pemkot Kediri Kembali Terima Kunjungan Pemkot Samarinda

Kamis, 25 Februari 2021 13:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Belajar Tentang Prodamas, Pemkot Kediri Kembali Terima Kunjungan Pemkot Samarinda
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Samarinda Tejo Sutarmoto (kiri) dan Kabag Pemerintahan Pemkot Kediri Paulus Luhur Budi Prasetya. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Kediri kembali menerima rombongan Pemerintah Kota Samarinda. Kedatangan rombongan dari Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur ini bertujuan melakukan studi tiru tentang Program Pemberdayaan Masyarakat (Prodamas) di Kota Kediri. Kedatangan Pemkot Samarinda ini merupakan lanjutan dari kunjungan yang dilakukan pada tanggal 10 Februari 2021 lalu.

"Kali ini kami datang bersama rombongan para camat yang berniat menimba ilmu kembali tentang Prodamas di Kota Kediri ini," ungkap Tejo Sutarmoto, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemerintah Kota Samarinda, Rabu (24/2).

Dalam kesempatan ini sekaligus ia mengenalkan program yang serupa dengan Prodamas yang rencananya akan segera diterapkan di Kota Samarinda. "Kami punya program namanya, Probebaya (Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat) yang secara konsep hampir sama dengan Prodamas," imbuh Tejo.

Menurut Tejo, rencananya Pemkot Samarinda akan melakukan studi tiru lanjutan lagi bersama dengan para lurah untuk mempelajari langsung konsep pelaksanaan Prodamas di tingkat kelurahan.

BACA JUGA : 

Bangkitkan Potensi Lokal, Pemkot Kediri Gelar Lomba Foto Cerita KIM

Pastikan Home Care Peduli Berjalan dengan Baik, Wali Kota Kediri Datangi RSUD Gambiran

Pastikan Layak Makan, Pemkot Kediri Gelar Sidak Takjil di Pusat Keramaian

Pemkot Kediri Salurkan Bantuan Paket Sembako Isolasi Mandiri di 8 Kelurahan

Sementara itu, Paulus Luhur Budi Prasetya, Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Kediri yang manyambut kedatangan rombongan Pemkot Samarinda di ruang Kilisuci Balai Kota Kediri memberikan penjelasan tentang pelaksanaan Prodamas.

"Prodamas pertama kali dilaksanakan di Kota Kediri pada tahun 2015 dengan besaran Rp 50 juta per RT per tahun, dan Alhamdulillah selama 5 tahun berjalan telah memberikan hasil yang signifikan," kata Paulus.

Selain itu, ia juga memberikan penjelasan secara teknis mengenai pengelolaan dana prodamas ini. "Kelurahan yang menjadi kunci penting pelaksanaan dan pengelolaan program ini. Jadi piranti kelurahan harus benar-benar disiapkan dengan baik," tandasnya.

Pertemuan ini juga dihadiri Kepala Bidang PPMPI Bappeda Kota Kediri Tetuko Erwin Sukarno, Camat Kota Kediri Arief Kholisudin, dan Kepala Kelurahan Ngronggo Heru Sugiarto. (uji/rev)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...