Buka Mukota VI Kadin, Wali Kota Kediri Harapkan Sinergi Terus Dibangun Sampai Kapan pun

Buka Mukota VI Kadin, Wali Kota Kediri Harapkan Sinergi Terus Dibangun Sampai Kapan pun Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat membuka Mukota VI Kadin Kota Kediri. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka Musyawarah Kota (Mukota) VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri di Hotel Merdeka Kota Kediri, Selasa (23/2/2021). Mukota tersebut mengambil tema “ Bersama Pemerintah Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Melalui UKM/IKM Go Digital dan Go Export Ala UMKM”.

Dalam sambutannya, Wali Kota Kediri mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini terjalin sangat baik dengan . Di Kota Kediri, Kadin memiliki fungsi untuk melakukan pendampingan-pendampingan UMKM.

“Meskipun di awal kita harus terseok-seok tapi Alhamdulillah karena kita mempunyai komunikasi yang baik, terus bisa membantu masyarakat Kota Kediri. Mungkin juga ke depan mereka akan mencoba merangkul UMKM yang mungkin belum layak. Saya ingin Kadin muncul di tengah masyarakat. Saat ini mungkin yang besar adalah UMKM,” ujar wali kota.

Abdullah Abu Bakar menjelaskan, di masa pandemi yang sulit ini, Pemerintah Kota Kediri, BI, dan juga Kadin duduk bersama untuk membuat langkah-langkah yang tepat untuk menggerakkan perekonomian di Kota Kediri. Salah satunya, dengan membuat Expo UMKM Virtual 2020 dan mendorong UMKM-UMKM untuk go to marketplace.

“Bahkan mama-mama muda dan milenial belanjanya sudah tidak ke mal lagi, tapi ke marketplace. Mereka ke mal hanya untuk makan. Rasanya perlu sekali untuk mendorong mereka masuk ke marketplace ini. Alhamdulillah, ada yang sudah siap untuk masuk ke marketplace namun ada juga yang belum siap. Tapi tidak masalah karena Pemerintah Kota Kediri, BI, dan juga Kadin akan mengurasi dan mengedukasi teman-teman UMKM ini. Agar mereka bisa masuk ke toko digital,” jelasnya.

Terakhir, Wali Kota Kediri berpesan agar sinergi yang terjalin terus dibangun sampai kapan pun, sehingga Pemerintah Kota Kediri bersama BI dan juga Kadin dapat terus membesarkan teman-teman UMKM di Kota Kediri.

“Saat ini yang harus kita lakukan bukan lagi bersaing, namun berkolaborasi. Sudah banyak contohnya produk-produk besar yang tidak lagi bersaing namun berkolaborasi. Itu dapat berjalan dan sukses,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur Adek Dwi Putranto mengapresiasi kerja sama yang baik antara Kadin, Pemerintah Kota Kediri, dan juga BI hingga banyak prestasi yang telah ditorehkan. juga telah mendorong ekspor dan mencari pasar di ekspor dengan dukungan Pemerintah Kota Kediri dan BI. “Tentu ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sinergi ini harus terus dijaga,” ujar Adek Dwi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua M. Solikhin mengatakan, sejak awal bekerja selalu didukung oleh Pemerintah Kota Kediri dan juga BI. “Di awal-awal Pak Wali mengajak kita ke Sulawesi untuk bersinergi dengan Kadin di Sulawesi. Melalui sinergi yang baik ini pula kita sudah bekerja sama dengan diaspora di beberapa negara,” ujar Solikin.

Pembukaan Mukota VI tersebut diakhiri dengan pemberian cendera mata dari Ketua kepada Wali Kota Kediri, Ketua Kadin Provinsi Jawa Timur, dan Perwakilan KPwBI Kediri. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO