Hari Ini, ​98 Kiai dan Tokoh NU Jawa Timur Jalani Vaksinasi Covid-19

Hari Ini, ​98 Kiai dan Tokoh NU Jawa Timur Jalani Vaksinasi Covid-19 Kiri ke kanan: Kiai Syafruddin, Kiai Anwar Mansyur, Kiai Anwar Iskandar, Gus Ali Masyhuri. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari ini, sebanyak 98 kiai dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur menjalani vaksinasi Covid-19 di Kantor PWNU Jatim, Selasa (23/2/2021). Ketua PWNU Jatim Kiai Marzuki Mustamar menyebut bahwa beberapa kiai yang ikut vaksinasi sudah lanjut usia (lansia). Namun, mereka tidak merasakan efek samping sama sekali.

"Kiai Anwar Mansyur ini usianya di atas 80 tahun, Kiai Anwar Iskandar 72 tahun, Kia Syafruddin juga dan Kiai Ali ini di atas 60 tahunan. Semuanya tidak merasakan sakit," tutur Kiai Marzuki usai vaksinasi.

Kiai Marzuki meyakinkan masyarakat khususnya warga nahdliyin kalau vaksin Covid-19 buatan perusahaan Tiongkok, Sinovac, halal dan aman. Ditambah lagi, para petugasnya yakni vaksinator merupakan tenaga-tenaga profesional.

"Vaksinasi ini profesional, nakesnya benar-benar ahli. Kepada siapa pun tidak usah ragu, ini profesional. Kalau sesuatu diserahkan ke ahlinya ini sudah benar," ujar Pengasuh Pondok Pesantren Sabilulrrosyad, Gasek, Kota Malang itu.

Sementara itu, Kiai Anwar Iskandar mengungkapkan, kalau sebelum divaksin harus melewati screening ketat. Seperti pemeriksaan fisik, gula darah, detak jantung, hingga tekanan darah.

"Didata dan diteliti dengan baik. Dalam pelaksanaannya semua menyatakan tidak ada rasa sakit sama sekali. Bahkan tidak ada rasa berbeda (efek samping)," ungkapnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat Gus Ali Masyhuri mengimbau masyarakat tidak takut divaksin. Karena para kiai sudah memberi contoh terlebih dahulu.

"Pesan saya kepada warga nahdliyin, yakinlah tiap kesulitan ada kemudahan. Setiap penyakit ada obatnya. Belajar berpikir positif karena berpikir positif adalah separuh dari kesembuhan," pungkasnya. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Santri Ponpes Asy Syafi'i Nganjuk Antusias Ikuti Vaksinasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO