Peringati HPSN, Istri Gus Yani Punguti Sampah Plastik

Peringati HPSN, Istri Gus Yani Punguti Sampah Plastik Istri Gus Yani, Nurul Haromaini saat mengumpulkan sampah plastik. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Istri Bupati terpilih Fandi Akhmad Yani (), turut memunguti sampah plastik bersama komunitas Asosiasi Bank Sampah (Asbag), Sabtu (20/2/2021).

Kegiatan ini dilakukan Ning Nurul -sapaannya- dalam rangka nemperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2021.

Ning Nurul tidak canggung berbaur dengan kelompok perempuan yang tergabung di Asbag. Sambil memilah-milah sampah botol plastik di sejumlah cafe yang berdiri di Desa Ngargosari, Kecamatan Kebomas, dia juga turut serta mengangkat sampah plastik yang nantinya dikumpulkan di bank sampah.

"Saya mengapresiasi aksi nyata rekan-rekan aktivis penggiat lingkungan, seperti komunitas Asbag yang tidak kenal lelah meski di tengah pandemi Covid-19," ujar Ning Nurul, Sabtu (20/02/2021).

Ning Nurul berharap aksi lingkungan ini mendapat support dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) , agar sama-sama berperan aktif jemput bola mewadahi komunitas Asbag.

Di sisi lain, DLH sendiri juga akan melakukan kegiatan Pekan Sedekah Sampah (Pedas) dalam memperingati HPSN, Minggu (21/2/2021) besok. DLH setempat menghimpun sedekah dalam bentuk pengumpulan barang bekas tidak terpakai, atau sampah yang masih ada nilai ekonomisnya.

"Hasil dari sampah itu kami laporkan ke Baznas Kabupaten . Selanjutnya, juga disalurkan ke rekan-rekan pasukan kuning, pasukan taman, pasukan TPA, dan anak yatim piatu," ujar Kepala DLH Mokh Najikh.

Sementara Ketua Asbag Siti Fitria menyatakan peringatan HPSN merupakan program kerja tahunan, yang tahun ini merupakan tahun keempat.

"Saat ini ada ratusan bank sampah yang tersebar di . Kami juga mengedukasi kepada masyarakat maupun pemilik cafe serta warkop agar memilah sampah yang bisa dijadikan bahan baku ekonomi di tengah pandemi Covid-19," katanya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO