Jumat, 23 April 2021 00:59

Angka Sembuh dan Mati Sama Tinggi, ​Update Covid-19 di Kabupaten Blitar

Rabu, 17 Februari 2021 10:39 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Akina Nur Alana
Angka Sembuh dan Mati Sama Tinggi, ​Update Covid-19 di Kabupaten Blitar
Rumah isolasi milik Pemkab Blitar di LEC Garum. foto: akina nur alana/ bangsaonline.com

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kabupaten Blitar terus meningkat. Data Satgas Covid-19 Kabupaten Blitar, saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 3.548. Dalam sehari pada 16 Februari ada tambahan 21 pasien sembuh.

"Angka kesembuhan tinggi. Kami berharap penularan turun sehingga kasus juga terus turun. Karena sekarang rumah sakit sudah mulai relaksasi. Rumah isolasi juga sudah tidak antre," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Miftakhul Huda, Rabu (17/2/2021).

Namun, di samping tingginya angka kesembuhan, angka kematian pasien Covid-19 juga masih tergolong cukup tinggi. Menurut dia, jika dirata-rata kasus pasien positif yang meninggal masih di atas 7 persen atau dalam kurun waktu 24 jam ada tiga sampai delapan orang yang meninggal.

"Angka kematian kita masih di tujuh koma sekian persen. Ini masih tergolong tinggi. Rata-rata sehari ada 2 sampai 3 yang meninggal, bahkan beberapa hari lalu bisa sampai 9. Terakhir data yang kami terima pada 16 Februari ada 5 pasien positif meninggal dunia. Total saat ini yang meninggal 325 orang," jelasnya.

BACA JUGA : 

Ekonomi Tiongkok Tumbuh 20 Persen, India 12 Persen Tapi Covid-19 Gila-gilaan

Mengaji, Jadi Pilihan Tahanan Polres Blitar Kota untuk Mengisi Bulan Ramadan dari Balik Jeruji Besi

Pro-Kontra Wabup Blitar Tinggal di Pendopo, Dua Massa Saling Berhadapan

Konter Telepon di Srengat Blitar Kemalingan, 200 Unit HP Digasak

Kata dia, angka kematian pasien positif Covid-19 rata-rata karena komorbid atau penyakit penyerta seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit lain seperti stroke dan jantung. "Iya, jadi kebanyakan memang komorbid seperti diabetes dan hipertensi. Ada juga yang stroke," papar Huda.

Sementara untuk angka kasus harian, Kabupaten Blitar mencatat penurunan signifikan. Usai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) selama 2 pekan, jumlah penambahan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar sedikit demi sedikit mulai menurun.

Penambahan kasus harian penularan Covid-19 yang semula selalu di atas angka 50, kini turun menjadi 25 sampai 30 kasus saja per hari. Saat ini jumlah kumulatif kasus Covid-19 di Kabupaten Blitar sebanyak 4.105 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus aktif mencapai 208.

"Kami berharap dengan penerapan PPKM skala mikro ini nantinya terus menekan kasus penularan Covid-19 di Kabupaten Blitar," pungkasnya.

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...