Jumat, 23 April 2021 08:57

​Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Tuban Ditargetkan Rampung Bulan Ini

Selasa, 16 Februari 2021 19:46 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
​Vaksinasi Covid-19 Tahap I di Tuban Ditargetkan Rampung Bulan Ini
Endah Nurul Khomariyati, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban. (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi Covid-19 tahap I di Kabupaten Tuban dijadwalkan selesai akhir bulan ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban Endah Nurul Khomariyati.

“Proses vaksinasi ditargetkan selesai akhir Februari ini,” ungkap Endah Nurul Khomariyati saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Selasa (16/2/2021).

Sekretaris Dinas Kesehatan Tuban ini menjelaskan, secara keseluruhan, jumlah total penerima vaksin Covid-19 di tahap I mencapai 3.530 penerima. Sedangkan, realisasinya sudah sebanyak 2.884 orang dengan persentase sekitar 91 persen.

"Sedangkan vaksinasi Covid-19 tahap I dosis kedua mencapai 446 orang. Vaksinasi tahap I dilakukan di 2 RSUD, 33 pukesmas, dan 1 klinik," imbuhnya.

BACA JUGA : 

Dibiayai APBN, Pembangunan Tanggul Bengawan Solo di Tuban Direncanakan Tahun Ini

Ini Sebab Dishub Tuban Tak Bisa Berbuat Banyak Terkait Minimnya Rambu JLS

Janji Bupati Tuban Naikkan Gaji GTT dan PTT Setara UMR Belum Tercapai

Sesuaikan Standarisasi Peradilan Modern, Pembangunan Gedung Baru PN Tuban Telan APBD Rp15 Miliar

Setelah vaksinasi tahap I selesai, selanjutnya pihaknya segera bergerak cepat mendata calon penerima vaksin Covid-19 tahap 2. Dengan sasaran profesi pelayanan publik yang kontak dengan banyak orang, di antaranya personel TNI, Polri, Satpol PP, ASN, guru/dosen, pedagang pasar, petugas objek wisata, dan pers.

Nantinya, proses distribusi vaksin tahap 2 akan dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Sedangkan bagi masyarakat umum akan dilakukan vaksinasi pada tahap ketiga.

"Bulan depan akan dilakukan penyuntikan vaksin tahap II dosis pertama, dan direncanakan dapat selesai dalam waktu 2 bulan," lanjut Endah.

Selanjutnya, dalam tahap III nanti pihaknya akan menambah tenaga vaksinator dengan melibatkan nakes dari rumah sakit dan klinik swasta untuk diberikan pelatihan vaksinasi. Pelibatan nakes dari sektor swasta menjadi mendukung kesuksesan program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tuban.

“Saat ini dilakukan sinkronisasi data antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Semoga seluruh proses vaksinasi di Tuban dapat diselesaikan dalam kurun waktu 1 tahun,” terangnya.

Oleh karena itu, masyarakat yang telah terdata sebagai calon penerima vaksin diharapkan kooperatif untuk melakukan vaksinasi. Setiap orang yang telah divaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan. (gun/zar)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...