Gempa 5,2 Skala Richter Terjadi di Tuban, Getaran Tak Dirasakan Warga

Gempa 5,2 Skala Richter Terjadi di Tuban, Getaran Tak Dirasakan Warga Gempa di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gempa berkekuatan magnitudo 5,2 skala richter terjadi di perairan utara Kabupaten , Selasa (16/2/2021). Tepatnya berada di titik koordinat 6.70 lintang selatan dan 112,05 bujur timur, atau 21 kilometer di timur laut perairan Kabupaten , dengan kedalaman 649 kilometer berada di bawah permukaan air laut.

Namun begitu, masyarakat di Kabupaten tidak merasakan adanya getaran akibat gempa tersebut. Seperti yang diutarakan Eny, salah satu warga. "Tidak tahu kalau hari ini ada gempa, karena memang tidak ada getaran sama sekali," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Rofiq Isa Manshur membenarkan jika terjadi gempa dengan kekuatan 5,2 skala richter di perairan utara . Namun, gempa hanya bisa dideteksi menggunakan alat seismometer.

"Memang terjadi gempa, tapi hanya bisa dideteksi pakai alat dan tidak bisa dirasakan secara langsung," kata Rofiq Isa saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com.

Lebih lanjut, Rofiq mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. "Tidak ada laporan terkait kerusakan akibat gempa," imbuhnya.

Meski demikian, pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya tetap tenang karena gempa tidak menyebabkan terjadi tsunami. "Karena lokasinya sangat dalam, biasanya yang merasakan gempa itu jauh dari lokasi gempa. Gempa yang terjadi juga tidak menyebabkan tsunami," pungkasnya. (gun/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO