Kamis, 29 Juli 2021 04:19

Pelantikan Bupati Gresik Terpilih Diundur 25-26 Februari

Senin, 15 Februari 2021 21:32 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Pelantikan Bupati Gresik Terpilih Diundur 25-26 Februari
Tursilowanto Harijogi.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Gresik Terpilih Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah batal dilaksanakan tanggal 17 Februari. Pelantikan diprakirakan diundur antara tanggal 25-26 Februari 2021.

Diundurnya jadwal pelantikan juga berlaku bagi kabupaten dan kota lain yang menggelar Pilkada Serentak 2020, meski tak ada gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal ini sebagaimana disampaikan Asisten I Sekda Gresik Tursilowanto Harijogi "Jadi, dari hasil vidcon yang kami lakukan dengan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Senin (15/2/2021) sekitar pukul 16.00 WIB, pelantikan kepala daerah terpilih diundur antara 25-26 Februari 2021. Tak jadi digelar pada 17 Februari," ujar Tursilowanto saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Senin (15/2/2021) malam.

Menurut Tursilowanto, pertimbangan Kemendagri menunda pelantikan kepala daerah antara lain karena masih ada sejumlah daerah yang belum mengajukan dan melengkapi berkas persyaratan pelantikan ke Mendagri.

BACA JUGA : 

Kiai Lim Restui Istrinya Dipinang Sebagai N1 atau N2 pada Pilkada Pasuruan 2024 Mendatang

Diawali Kota Surabaya, Gubernur Khofifah Siap Marathon Sertijab 14 Bupati/Wali Kota di Jatim

Forkopimda, Kepala OPD, hingga Pimpinan Parpol di Gresik Ikuti Pelantikan Virtual Gus Yani-Bu Min

Lantik 17 Kepala-Wakil Kepada Daerah Tiga Sesi, Gubernur Khofifah Minta Kerja Cepat, Tepat, Detail

Selain itu, ada 51 gugatan Pilkada di 51 daerah yang gugatannya ditolak oleh MK. Sehingga, ke-51 daerah itu juga akan dilakukan pelantikan bersama. " Asasnya kebersamaan. Makanya, sampai sekarang SK Pelantikan dari Mendagri untuk Gresik dan 15 kabupaten dan kota lain di Jawa Timur yang tak ada gugatan di MK, termasuk daerah lain yang tak ada gugatan di MK belum turun," jelas Tursilowanto.

Untuk itu, Mendagri secara resmi akan mengirim surat ke gubernur terkait diundurnya jadwal pelantikan kepala daerah terpilih pada 25-26 Februari. "Malam ini Dirjen Otda berjanji membuatkan surat itu. Besok sudah dikirim ke gubernur," terangnya.

Sementara untuk mengisi kekosongan pasca habisnya masa jabatan kepala daerah masa jabatan 2016-2021, akan ditunjuk pelaksana harian (Plh). "Nanti yang ditunjuk menjadi Plh Bupati Gresik adalah Penjabat (Pj) Sekda. Besok, Kemendagri juga akan berkirim surat ke gubernur untuk pengisian Plh Bupati untuk mengisi kekosongan," tuturnya.

Masih kata Tursilowanto, Plh. Bupati nantinya akan menjabat hingga kepala daerah terpilih dilantik. "Jadi, nanti yang serah terima jabatan dengan kepala daerah baru adalah Plh Bupati. Termasuk Pak Bupati Sambari Halim Radianto dan Wabup Moh. Qosim saat purna tugas pada 17 Februari, serah terimanya dengan Plh. Bupati yang ditunjuk," pungkasnya. (hud/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...