Bupati Anas Disuntik Vaksin Tahap Kedua

Bupati Anas Disuntik Vaksin Tahap Kedua Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjalani suntik vaksin Covid-19 di Puskesmas Sobo.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Abdullah Azwar Anas menerima suntik vaksin Covid-19 untuk dosis kedua, Kamis (11/2/2021). Sekitar pukul 8.30 WIB, bupati dua periode tersebut tiba di Puskesmas Sobo Banyuwangi untuk divaksinasi.

Sebelum disuntik, Anas didata terlebih dahulu, kemudian dicek kesehatannya sekitar kurang lebih 3 menit. Anas sempat ditanya oleh petugas apakah mengalami gejala pasca suntikan pertama.

“Badan saya sehat-sehat saja, saya tetap beraktivitas seperti biasa. Tidak mengalami reaksi apapun sesudah suntikan dosis pertama,” jawab Anas.

Seperti diketahui, Anas telah menerima suntikan vaksin CoronaVac dosis pertama pada 28 Januari 2021. Vaksin CoronaVac yang diproduksi oleh Sinovac membutuhkan dua kali penyuntikan masing-masing sebanyak 0,5 mililiter dengan jarak waktu 14 hari.

Sama seperti pada vaksinasi pertama, usai divaksin dosis kedua, Anas harus menunggu 30 menit untuk melihat reaksi dari suntikan tersebut alias mengamati KIPI (kejadian ikutan pasca-imunisasi).

Anas meminta agar semua pihak tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski sudah divaksin. Mulai dari, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. "Selain vaksinasi, kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan. Hindari kerumunan, gunakan masker dengan disiplin," jelas Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas juga mengapresiasi Presiden Jokowi dan jajarannya yang terus berupaya mendatangkan vaksin ke Indonesia untuk kesehatan warga. “Terima kasih kepada Pak Jokowi yang berhasil mendatangkan vaksin ke negeri ini. Itu bukanlah hal mudah, mengingat terbatasnya produksi vaksin Covid-19 di dunia ini. Semoga secara bertahap, warga bisa segera mendapatkan vaksin di tahap berikutnya,” kata Anas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono menjelaskan, pembentukan antibodi akan berjalan secara optimal setelah pemberian suntikan dosis kedua vaksin Covid-19. “Dengan penyuntikan dosis 2, proses pembentukan antibodi ini lebih cepat dan kuat. Namun diperlukan 21 hari lagi untuk mencapai antibodi yang maksimal,” ujar Rio, panggilan dr. Widji Lestariono.

Ditambahkan Rio, cakupan vaksinasi dosis pertama di Banyuwangi telah mencapai 90 persen dari jumlah vaksin yang diterima oleh Kabupaten Banyuwangi. Sementara bila dilihat dari jumlah sasarannya, cakupan kini sebesar 83 persen.

“Sudah ada 5.085 tenaga kesehatan yang telah menerima vaksin covid 19, sisanya tenaga kesehatan mengalami gagal vaksin karena alasan seperti tensi masih agak tinggi. Pada hari ini juga akan dimulai suntik dosis 2 serentak untuk tenaga kesehatan,” kata Rio. (guh/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO