Selasa, 15 Juni 2021 04:51

​Disambut Hangat Gubernur Sumsel, Kiai Asep Berharap Palembang Jadi Pusat Pendidikan Nasional

Selasa, 09 Februari 2021 22:36 WIB
Editor: mma
​Disambut Hangat Gubernur Sumsel, Kiai Asep Berharap Palembang Jadi Pusat Pendidikan Nasional
Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. dan Gubernur Herman Deru dalam acara pengukuhan Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) dan Pelantikan Pengurus Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sumsel di Griya Agung Palembang, Rumah Dinas Gubernur Sumsel, pada Ahad (7/2/2021). Foto: MMA/ BANGSAONLINE.com.

PALEMBANG, BANGSAONLINE.com – Kehadiran Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A. dan rombongan di Sumatera Selatan (Sumsel) disambut hangat oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru. Gubernur berusia 53 tahun yang pernah menjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) selama dua periode itu mengaku sangat senang Kiai Asep bisa datang ke Sumatera Selatan.

Bahkan Gubernur Sumsel Herman Deru juga memfasilitasi pengukuhan Forum Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS) dan Pelantikan Pengurus Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Sumsel di Griya Agung, Rumah Dinas Gubernur Sumsel di Palembang, pada Ahad (7/2/2021).

Gubernur Herman Deru yang kader NU tulen itu menyatakan, sebenarnya dirinya ada acara pada Ahad pagi itu. Tapi tetap menunggu kehadiran Kiai Asep bersama rombongan di rumah dinas yang sekaligus menjadi tempat acara pelantikan Pengurus Cabang Pergunu di wilayah Sumsel tersebut.

Dalam pantauan BANGSAONLINE.com, sebelum Kiai Asep dan rombongan tiba, Gubernur Herman Deru sudah menunggu di lokasi acara. Gubernur kelahiran Belitang Ogan Komering Ulu Timur, Sumsel, pada 17 November 1967 itu duduk di kursi paling depan bersama para undangan. 

BACA JUGA : 

​Bangun Rumah Janda Mojokerto yang Terbakar, Kiai Asep: Kita Harus Malu pada Ibu Gubernur Khofifah

Di Depan 200 Ulama, Kiai Asep Buka Rahasia Sukses Bisnis di Pesantren

TGB Zainul Majdi Minta Gus Bara Jadi Ketua Alumni Al-Azhar Jatim

Silaturahim ke Kiai Asep, TGB Zainul Majdi Terkesan Kerja Ekonomi Umat Amanatul Ummah

Gubernur Herman Deru tampak tawaddlu seperti umumnya kader NU. Ketika Kiai Asep bersama rombongan datang, ia langsung berdiri menyambut hangat kiai miliarder namun dermawan itu.

(Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (kiri) dan Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M.A.)

Bahkan Gubernur Herman Deru seusai acara sempat minta buku Kiai Asep yang berjudul Kiai Besar Bin Kiai Besar yang ditulis Dahlan Iskan, wartawan yang mantan menteri BUMN.

“Mana, katanya saya mau diberi buku,” tagih Gubernur Herman Deru. Pengurus Pergunu pun langsung mengambil buku tersebut dan memberikan kepada Kiai Asep untuk diserahkan kepada Gubernur Herman Deru.

Kiai Asep Saifuddin Chalim juga mengaku sangat senang bisa datang ke Sumsel, khsususnya Palembang. “Saya ingin mengungkapkan perasaan saya. Saya sangat senang dan bahagia bisa datang ke Sumatera Selatan, terutama Palembang,” kata Ketua Umum Pengurus Pusat Pergunu itu.

Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur yang kini memiliki 12 ribu santri itu berharap Sumatera Selatan, khususnya Palembang, bisa mengembalikan kejayaan Kerajaan Sriwijaya. “Dulu pada zaman Raja Sriwijaya, Palembang menjadi pusat kerajaan nusantara,” kata Kiai Asep saat memberikan sambutan.

Karena itu Kiai Asep berharap Sumatera Selatan bisa menjadi pusat pendidikan nasional dan internasional. Kiai Asep mengaku siap membantu untuk pengembangan pendidikan di “Bumi Sriwijaya” itu.

Kiai Asep bercerita bahwa selama ini dirinya telah memberikan banyak beasiswa S1 dan S2 kepada banyak kader NU (Pergunu) di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Pergunu Sumatera Selatan.

Kiai Asep juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat Institut Pesantren KH Abdul Chalim yang diasuhnya akan membuka S3.

Bahkan Kiai Asep juga akan membangun universitas internasional yang mahasiswanya tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri. “Sekarang saya sedang menyiapkan lahan tanah sepanjang dua kilometer. Tanahnya sebenarnya sudah ada. Tapi masih harus ditambah lagi. Pembangunan international university itu panjangnya dua kilometer, mulai dari Pondok Amanatul Ummah sampai Institut Pesantren KH Abdul Chalim,” katanya.

Dalam acara itu selain dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kiai Asep Saifuddin Chalim, juga hadir Prof. Dr. Nyanyu Khadijah, M.Si., Ketua PTKAIS KOPERTAIS Wilayah VII (Sumbagsel) yang juga Rektor UIN Raden Fatah Palembang.

Seperti diberitkan BANGSAONLINE.com, Kiai Asep dan rombongan datang ke Sumatera Selatan Sabtu (6/2/2021) lalu. Kiai Asep ke Sumatera Selatan bersama istrinya, Nyai Alif Fadilah dan putrinya, Ning Zahroh.

Kiai Asep juga didampingi Wakil Ketua Umum Pergunu dan Dosen Universitas Brawijaya Dr. Fadly Usman, Wakil Ketua PP Pergunu Aris Adi Leksono, Wakil Ketua PCNU Kota Surabaya K.H. Fathurrohman, Anggota DPRD Kabupaten Mojokerto Muhammad Santoso, dan Komisaris Utama HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE.com M. Mas'ud Adnan.

Selama di Sumatera Selatan, Kiai Asep selain bersama rombongan dari Jawa Timur juga selalu didampingi Ketua Pergunu Sumsel Ahmad Zainuri. Termasuk saat Kiai Asep ke Lubuk Linggau yang jarak tempuhnya sekitar 10 jam lewat perjalanan darat.

Di kota paling barat Sumatera Selatan itu, Kiai Asep selain menjadi pembicara bersama Dr. Fadly Usman, dalam Sarasehan Pergunu di Rumah Dinas Wali Kota Lubuk Linggau, juga acara keluarga yaitu “balasan lamaran” salah satu putrinya, Ning Zahroh yang mendapat calon suami dr. Fadli Rahman asal Lubuk Linggau. Dalam acara ini Wakil Walikota Lubuk Linggau, H Sulaiman Kohar.

Di Lubuk Linggau Kiai Asep juga diminta mampir ke Pondok Pesantren Ulul Albab yang didirikan Ketua PCNU Lubuk Linggau Gus Ahmadi. Kiai Asep diminta mendoakan kelancaran pembangunan gedung di pesantren tersebut. Kiai Asep berdoa di depan sebuah gedung yang pembangunannya sedang berlangsung.

Kemudian Kiai Asep juga datang ke Lembaga Pendidikan Nurul Ilmi di kawasan Banyuasin Palembang. Sebelumnya, Kiai Asep juga memberikan mauidzah hasanah di depan para santri dan guru Pondok Pesantren Muqimus Sunnah Palembang yang diasuh Dr Izzah Zen Syukri.

Kiai Asep dan rombongan kembali ke Jawa Timur pada Selasa (9/2/2021). (mma)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...