Senin, 10 Mei 2021 03:02

Kurangi Sebaran Covid-19, Pemkab Lumajang Gelar Rapid Antigen di Terminal Minak Koncar

Senin, 08 Februari 2021 19:34 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Imron Ghozali
Kurangi Sebaran Covid-19, Pemkab Lumajang Gelar Rapid Antigen di Terminal Minak Koncar
Jajaran Forkopimda Lumajang gelar operasi yustisi dan tes antigen kepada sopir angkot, kernet, dan penumpang dari luar Lumajang. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar operasi yustisi dan tes antigen di kawasan Terminal Minak Koncar Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Senin (8/2/2021) pagi.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, guna menegakkan protokol kesehatan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lumajang, Forkopimda Lumajang melakukan tracing dan tracking terhadap orang-orang yang melalui jalur maupun yang akan menuju wilayah Kabupaten Lumajang, salah satu titiknya di terminal.

Selanjutnya, Bupati Lumajang bersama Forkopimda Lumajang meminta untuk memastikan bahwa seluruh yang melayani transportasi antarkabupaten betul-betul aman dari Covid-19.

"Hari ini yang di-rapid test antigen salah satunya sopir, kondektur, dan kernet, termasuk juga secara acak penumpang yang dari luar kota diminta untuk rapid antigen. Setelah nanti hasil keluar terdapat yang positif maka diminta untuk melakukan isolasi mandiri," ungkapnya.

BACA JUGA : 

​Gubernur Khofifah Naik Motor 4 Km, Tinjau Korban Gempa di Lumajang

Gempa Rusak 428 Rumah, Warga di Lumajang Mulai Bersihkan Puing Reruntuhan

Pemkab Lumajang Minta Pihak Swasta Beri Jaminan Sosial Bagi Tenaga Kerja

Dukung Pariwisata Lumajang, Bank Jatim Serahkan 5 Set Tenda Glamping kepada Pemkab

Selain itu, Bupati Lumajang juga menjelaskan, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Lumajang berangsur menurun, baik yang positif maupun jumlah tempat tidur di rumah sakit yang kosong sudah mencapai 56%. Untuk itu, Kabupaten Lumajang saat ini sudah semakin baik dengan berada di zona oranye yang menuju ke arah zona kuning.

"Hal baik ini harus terus kita jaga. Saya, Dandim 0821, Kapolres dibantu Danyon 527, bersama jajaran TNI-Polri, melakukan langkah-langkah yang preventif. Prinsipnya, kondisi yang baik ini harus tetap kita pertahankan. Semoga kita segera berada di zona kuning," tambahnya.

Sementara itu, Dandim 0821/Lumajang mengungkapkan bahwa tiga pilar akan terus berkolaborasi dan selalu aktif untuk melaksanakan operasi yustisi dan penegakan protokol kesehatan Covid-19 di semua tempat-tempat keramaian, guna mengantisipasi dan mengurangi penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Termasuk hari ini telah diambil sampel atau contoh terhadap masyarakat Lumajang yang bepergian dari luar dengan di-rapid test antigen. Ke depan juga akan ada operasi seperti ini di tempat-tempat keramaian lain yang dilakukan secara acak," pungkasnya. (ron/zar)

Penjaga Rumah Ibadah Bertanya Berapa Rupiah Jatah Tuhan
Senin, 10 Mei 2021 00:00 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur edisi Ramadan edisi 28 ini mereview cerita Gus Dur tertang para penjaga rumah ibadah. “Mereka berembuk soal sumbangan umat kepada rumah ibadah yang mengalami surplus. Lalu mereka bertanya, berapa ja...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Minggu, 09 Mei 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tulisan Dahlan Iskan kali ini sangat menyentuh. Tentang prahara rumah tangga pemilik Gedung Empire Palace Surabaya: Gunawan Angkawidjaja dan istrinya, Chin Chin atau Trisulowati.Menurut Dahlan Iskan, Gunawan bukan ha...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...