​Pembunuh Sopir Grab di Kediri Berhasil Ditangkap, Tersangka Mengaku Terlilit Utang

​Pembunuh Sopir Grab di Kediri Berhasil Ditangkap, Tersangka Mengaku Terlilit Utang Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, S.I.K., dan Tersangka Himawan. (foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pembunuh Moh. Kholis, sopir taksi online yang mayatnya ditemukan di parit tepi Jalan Raya Desa Sidomulyo, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri akhirnya tertangkap. Pelaku ternyata pengorder terakhir taksi online milik korban.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono, S.I.K., menjelaskan bahwa pelaku bernama Himawan, Warga Plosorejo Pasuruan. Penangkapan Himawan berawal dari hasil olah TKP yang dilakukan Satreskrim pada Jumat (29/1/2021) pagi.

Petugas mengecek aplikasi penyedia layanan jasa angkutan taksi online, untuk mengetahui siapa yang order terakhir kalinya. Dari hasil pengecekan, diketahui nama Himawan yang order dari Pasuruan dengan tujuan Kediri.

"Selanjutnya petugas berhasil mengamankan Himawan saat berada di rumahnya. Petugas juga mengamankan mobil Daihatsu Sigra nopol W 1369 QG dan sejumlah uang milik korban," kata AKBP Lukman Cahyono, Senin (1/2/2021).

Menurut AKBP Lukman, dalam pemeriksaan Himawan mengaku bahwa dia sudah merencanakan pembunuhan ini, dengan tujuan menguasai mobil dan uang milik korban. Awalnya Himawan order taksi online dari Pasuruan untuk diantarkan menuju Kediri. Setelah sampai di Purwoasri Kabupaten Kediri, korban ditusuk bagian tubuhnya menggunakan pisau yang sudah disiapkan pelaku.

"Setelah korban dipastikan meninggal, jenazah lalu dibuang di parit pinggir jalan. Pelaku kemudian melarikan diri dengan membawa mobil dan uang milik korban," terang AKBP Lukman Cahyono.

Menurut pengakuan pelaku, lanjut AKBP Lukman, dia tega menghabisi nyawa korban karena terlilit utang. "Pelaku (Himawan) berhasil diamankan Sabtu pagi 30 Januari 2021 di rumahnya di Pasuruan. Selanjutnya diamankan di untuk proses hukum lebih lanjut," pungkas AKBP Lukman Cahyono.

Diberitakan sebelumnya, mayat Moh. Kholis ditemukan tengkurap di saluran irigasi/sungai kecil di persawahan Desa Sidomulyo, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri, Kamis (28/1/2021) sekitar pukul 14.00 WIB.

Mayat itu ditemukan oleh Joko Santoso (44), warga setempat, saat sedang melihat sawah miliknya yang ditanami padi. Mengetahui ada mayat tengkurap, Joko kemudian memberitahu Purnomo (55), selanjutnya dilaporkan ke Polsek Purwoasri . (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO