Diterjang Arus Kencang, Kapal Cantika Persada Bermuatan 1.600 Ton Pupuk Petrokimia Tenggelam

Diterjang Arus Kencang, Kapal Cantika Persada Bermuatan 1.600 Ton Pupuk Petrokimia Tenggelam Kondisi KM Cantika Cempaka saat mulai tenggelam. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapal Motor (KM) Cantika Persada bermuatan 1.600 ton pupuk Petrokimia Gresik tenggelam di area rede perairan Gresik, 1 mil dari Pelabuhan Petrokimia Gresik Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Sabtu (30/1/2021) sekitar pukul 10.30 WIB.

Kapal tersebut tenggelam diduga setelah lambung kiri pecah akibat berbenturan dengan kapal lain yang tengah bersandar akibat diterjang arus laut yang deras.

Sebelum tenggelam, kapal yang membawa 16 ABK dan nahkoda itu miring ke kiri. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polairud Gresik. Petugas lalu mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan penyelamatan dan evakuasi korban.

Beruntung, sebelum kapal  tenggelam, sebanyak ABK dan nakoda kapal berhasil diselamatkan. Semua ABK dan nakoda telah dievakuasi ke darat oleh Polairud Gresik, Kapal Patroli AL, KPLP, dan Shahbandar menggunakan TB. Pandu Jaya Perkasa menuju Pelabuhan Gresik. Saat ini semua  ABK dan nakoda kapal berada di Mako Polairud Gresik.

Ke-16 ABK dan nakoda itu adalah, Zamroni (nahkoda), David (mualim I), Taufan (mualim II), Rustam (bosun), Adi, Eko Warjuki, Akbar, Imam, Anto, Rey, Bangbang, Ismail, Suyatno, Agung, Ilyas, dan Subagio.

Kerugian akibat tenggelamnya KM Cantika Persada yang memuat 1.600 ton pupuk tersebut belum bisa ditaksir.

Lihat juga video 'Dramatis! Tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali Banyuwangi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO