Sabtu, 06 Maret 2021 15:33

Cegah Tatap Muka, Satlantas Polresta Sidoarjo Bakal Terapkan Tilang Elektronik

Selasa, 26 Januari 2021 17:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Cegah Tatap Muka, Satlantas Polresta Sidoarjo Bakal Terapkan Tilang Elektronik
Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wikha Ardilestanto.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polresta Sidoarjo bakal menerapkan Tilang Elektronik di Sidoarjo. Hal itu menyusul rencana Kepolisian RI yang mencanangkan kembali program tilang melalui elektronik.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wikha Ardilestanto mengungkapkan, sangat dimungkinkan program tilang elektronik bisa diterapkan di Kabupaten Sidoarjo. Mengingat, tilang elektronik mencegah adanya tatap muka antara petugas di lapangan dengan masyarakat.

"Memang, tujuan direalisasikannya tilang elektronik agar tidak ada tatap muka antara petugas dengan pelanggar yang ditilang," ujar Kompol Wikha Ardilestanto, Selasa (26/1/2021).

Meski demikian, realisasi tersebut menunggu instruksi lanjutan pasca dilantiknya Kapolri Baru Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo. Sedikitnya, ada 16 program prioritas dan delapan komitmen Kapolri baru.

"Otomatis setelah dilantik, beliau (Kapolri) akan menjabarkan itu dalam suatu program kerja di tingkat Mabes, Polda, maupun Polres. Nah, itu yang kita sama-sama tunggu," jelasnya.

Disinggung soal kesiapan Polres menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), menurutnya ada infrastruktur yang harus dipenuhi. Salah satunya berupa CCTV.

"Kalau bicara infrastruktur, yang paling siap memang Polda Metro Jaya. Selain karena perkotaan, di sana juga sudah terpasang berapa ratus atau hingga ribuan CCTV yang sudah terpasang. Nah, bagaimana dengan kabupaten/kota yang lain apakah sudah siap," katanya.

Meski demikian, dalam waktu dekat pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo terkait kesiapan CCTV yang sudah terpasang di Sidoarjo. (cat/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...