Minggu, 07 Maret 2021 11:53

Wali Kota Kediri Harapkan Produktivitas UMKM Meningkat dengan Bantuan Alat dari CSR Bank Jatim

Kamis, 21 Januari 2021 14:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Wali Kota Kediri Harapkan Produktivitas UMKM Meningkat dengan Bantuan Alat dari CSR Bank Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) saat menerima CSR Bank Jatim. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Jatim bagi 57 pelaku UMKM Kota Kediri, Rabu (20/1) kemarin, bertempat di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri. Bantuan yang diberikan oleh Bank Jatim berupa bantuan alat produksi.

Wali kota mengungkapkan bantuan alat produksi ini akan meningkatkan produktivitas pelaku UMKM. Dengan meningkatnya produktivitas, ia berharap perekonomian di Kota Kediri akan lebih menggeliat. Saat ini, sektor yang menopang perekonomian adalah UMKM dan pertanian.

“Ini Insya Allah yang mendapat bantuan sudah disurvei dari Dinkop UMTK dan Bank Jatim. Produktivitas teman-teman UMKM ini harus bisa meningkat. Bila ada kekurangan-kekurangan baik masalah BPOM dan segala macam, nanti kita diskusikan bersama-sama. Kita cari permasalahannya dan nanti kita cari solusi,” ungkap wali kota.

Sebagai daerah yang menjadi penghubung bagi daerah-daerah sekitar, Wali Kota Kediri menilai sektor perdagangan sangat tepat dijalankan Kota Kediri. Para pelaku UMKM harus dapat menangkap peluang dari potensi yang dimiliki Kota Kediri.

“Pemerintah Kota Kediri akan mendorong gerai-gerai yang ada di Kota Kediri untuk menjual hasil produksi dari UMKM-UMKM Kota Kediri. Nanti makanan-makanan dari UMKM ini harus bisa dijual di toko-toko yang ada di Kota Kediri. Kalau mereka (toko-toko, red) berjualan di Kota Kediri, harus maka mau menjual produk-produk UMKM Kota Kediri. Nanti pasti perekonomian akan lebih tumbuh dan jauh lebih baik,” ujarnya.

Wali Kota Kediri juga berpesan agar Bank Jatim dapat menjadi pendamping dari pelaku-pelaku UMKM di Kota Kediri. Dengan adanya pendampingan dari perbankan, tentu UMKM-UMKM bisa lebih tumbuh dan berkembang. Selama ini sinergi Pemerintah Kota Kediri berjalan dengan baik. Apalagi saat masa pandemi.

“Tahun 2020 lalu, saya dibantu Bank Jatim untuk penyaluran Kartu Sahabat. Di mana saat awal pandemi Covid-19 banyak yang tidak bekerja. Kita berikan bantuan dana Kartu Sahabat yang bisa diambil ke Bank Jatim. InsyaAllah bila UMKM juga mendapat pendampingan dari Bank Jatim, semua akan tumbuh dan berkembang bersama,” pungkas wali kota.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Risiko Bisnis Bank Jatim pusat Rizyana Mirda mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kediri yang selama ini telah bersinergi dan bekerja sama dengan Bank Jatim.

“Terima kasih atas sinergi selama ini. Sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, CSR ini kami harapkan dapat membantu kebutuhan UMKM di Kota Kediri. Agar perekonomian tetap berjalan karena pada masa seperti sekarang ini kita tidak boleh menyerah. Kita harus tetap berusaha dan bersemangat. Siapa yang memiliki kreativitas akan tetap eksis,” ujarnya.

Penyerahan bantuan CSR Bank Jatim ini diikuti oleh 10 perwakilan UMKM. Turut hadir dalam acara ini, Pimpinan Cabang Bank Jatim Kediri Wioga Adhiarma Aji, Pimpinan Cabang Bank Jatim Syariah Kediri R. Wahyu Tedjasukmana, Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Kediri Chevy Ning Suyudi, dan Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri Bambang Priambodo. (uji/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 07 Maret 2021 10:03 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kali ini Dahlan Iskan, wartawan kondang itu, menulis tentang ambisi Tiongkok menjadi negara nomor 1 di dunia. Mengalahkan Amerika Serikat. Pada tahun 2035. Termasuk mencaplok Taiwan. Dengan cara kekerasan sekalipun.Un...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...