Embung Jebol Usai Diguyur Hujan Lebat, Ratusan KK di Tuban Diterjang Banjir Bandang

Embung Jebol Usai Diguyur Hujan Lebat, Ratusan KK di Tuban Diterjang Banjir Bandang Kepala BPBD Tuban Yudi Irwanto dan Camat Plumpang Saefuddin beserta relawan saat mengecek kondisi banjir.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 110 Kepala Keluarga (KK) di Dusun Ngayung, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban terendam banjir akibat jebolnya Waduk Sundulan yang ada di desa setempat, Rabu (20/1/2021).

Kepala Pelaksana , Yudi Irwanto mengatakan, jebolnya embung tersebut disebabkan intensitas curah hujan cukup lebat. Sehingga, waduk tidak mampu menampung debit air. Kondisi itu diperparah dengan air kiriman cukup besar dari wilayah hulu.

"Intensitas debit air terlalu besar sehingga embung tidak mampu menampung debit air hingga akhirnya jebol sepanjang 10 meter, lebar 3 meter, dan kedalaman sampai sampai 5 meter," kata Yudi Irwanto kepada BANGSAONLINE.com.

Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, namun puluhan rumah warga terendam air setinggi 120 centimeter. Namun kondisi itu berangsur-angsur surut, seiring semakin berkurangnya air yang ada di dalam embung.

"Tidak ada laporan kerusakan dan korban jiwa, tapi warga sempat dievakuasi karena kejadiannya sangat mendadak," imbuhnya.

Lebih lanjut, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap waspada, mengingat kondisi cuaca akhir-akhir ini cukup ekstrem. Apalagi BMKG memprediksi akan terjadi penambahan debit air sekitar 40 persen.

"Masyarakat harus selalu waspada, jangan sampai terjadi penyumbatan saluran air yang bisa menyebabkan banjir," tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO