Sabtu, 06 Maret 2021 15:07

Diduga Hendak Tarik Mobil Nasabah Debitur, Oknum Anggota Polrestabes Surabaya Dilaporkan ke Propam

Senin, 18 Januari 2021 20:20 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Diduga Hendak Tarik Mobil Nasabah Debitur, Oknum Anggota Polrestabes Surabaya Dilaporkan ke Propam
Wibisono, Kuasa Hukum Yahya Santoso dan Upik Santoso. Foto kanan, bukti surat laporan ke Propam Polda Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - IM, oknum anggota Polrestabes Surabaya dilaporkan ke Propam Polda Jatim oleh Wibisono, kuasa hukum Yahya Santoso dan Upik Santoso, kakak-beradik nasabah debitur sebuah finance. Pelaporan dilakukan karena IM diduga melakukan intervensi dengan mendatangi rumah Yahya dan Upik yang tak mampu membayar tunggakan kredit mobil. Bahkan menurut Wibisono, IM beberapa kali hendak menarik unit mobil kreditan Yahya dan Upik.

Tindakan IM itu diduga didasarkan atas laporan pihak finance ke Polrestabes Surabaya, karena Yahya dan Upik menunggak kredit mobil.

"Kebanyakan finance tidak sesuai tupoksinya, karena pada kasus ini pihak finance telah melaporkan Upik Santoso seperti yang dituduhkan, dan diduga oknum penyidik dari resmob berinisial IM melakukan intervensi ke debitur," terang Wibisono.

"Sebenarnya yang berhak menarik (unit kendaraan, red) atau memutuskan itu perkara adalah pengadilan, bukan oknum anggota," cetusnya.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Oki Ahadian saat dikonfirmasi terkait hal ini mengaku sudah mengetahui adanya laporan ke Propam Polda Jatim terhadap anggotanya.

“Iya mbak, Saya sudah monitor. Saat ini masih dalam proses pemeriksaan,” kata AKBP Oki Ahadian kepada wartawan BANGSAONLINE.com Senin (18/1).

Ditanya tentang tindakan oknum IM, apakah dibenarkan menarik unit mobil kepada nasabah debitur, kasatreskrim tak menjawab secara gamblang.

“Saya serahkan sepenuhnya kepada propam mbak. Apabila bersalah, berarti harus diproses perbuatan oknum tersebut. Terima kasih,” pungkas Oki.

Sementara, Kaurtrimlap Subbagyanduan Polda Jatim AKP. Hari Suwarno, S.H. saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan ke propam terhadap anggota Polrestabes Surabaya berinisial IM.

“Saat ini berkas sudah disampaikan ke Kabid Propam, untuk perkembangan selanjutnya saya tidak tahu, saya hanya menerima pelaporan saja,” ujar AKP. Hari Suwarno melalui sambungan telepon, Senin (18/1).

Sedangkan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko saat dikonfirmasi mengaku belum tahu tentang adanya laporan tersebut.

“Nanti saya konfirm dulu ke propam,” terang Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Senin (18/1). (ana/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Sabtu, 06 Maret 2021 07:30 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Publik heboh. Itu loh, soal dana asing Rp 100 triliun yang bakal masuk Indonesia. Lewat sovereign wealth fund (SWF). Atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI).SWF memang sedang jadi sorotan publik. Maklum, sudah banyak ...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 06 Maret 2021 14:06 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...