Keluarkan APG, Bupati Lumajang: Kondisi Terkini Semeru Dinyatakan Aman

Keluarkan APG, Bupati Lumajang: Kondisi Terkini Semeru Dinyatakan Aman Erupsi Gunung Semeru terpantau meluncurkan awan panas sejauh 4,5 km. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com terpantau kembali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) pada Sabtu (16/1/2021) sekitar pukul 17.24 WIB. Kendati demikian,  Thoriqul Haq mengimbau agar masyarakat tetap tenang.

"Kondisi terkini Semeru oleh pos pantau dinyatakan aman. Masih ada erupsi, tapi tidak mengkhawatirkan, ini merupakan erupsi rutin," ujar bupati saat dimintai keterangan di Pendopo Arya Wiraraja, Sabtu (16/1/2021) malam.

Berdasarkan pengamatan Pos Pantau di Gunung Sawur, saat ini kondisi kembali normal dengan status level II (waspada).

Meski dinyatakan kembali normal, bupati menyampaikan bahwa TNI-Polri beserta BPBD Kabupaten Lumajang tetap stand by di lokasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat sekitar.

"BPBD tetap stand by, dilaporkan bahwa masyarakat juga tidak ada yang mengungsi atau mengevakuasi diri, tetapi masyarakat tetap berjaga sebagai langkah antisipasi," ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa sejumlah daerah dilaporkan mengalami hujan abu vulkanik dampak dari Awan Panas Guguran .

"Hujan abu dilaporkan terjadi di Kecamatan Senduro dan Pasrujambe dan ada yang memberi laporan ke saya di Probolinggo juga sempat terjadi hujan abu," ungkapnya. (ron/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO