Senin, 01 Maret 2021 14:18

​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik 'Doa Tolak Bala' sebelum Proses Belajar Mengajar

Kamis, 14 Januari 2021 22:47 WIB
Editor: tim
​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik
Tgk Muslem Hamdani, M.A. foto: ist.

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Provinsi Aceh mendukung pelaksanaan instruksi Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. AlHudri, M.M. untuk penyelenggaraan doa tolak bala secara bersama di sekolah sebelum dimulainya proses belajar mengajar mengajar.

Pernyataan dukungan ini disampaikan Ketua Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani, M.A. melalui siaran pers yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (14/1/2021).

"Instruksi Kadis Pendidikan Aceh untuk penyelenggaraan doa bersama untuk tolak bala kita harapkan dapat terlaksana di semua sekolah di Aceh. Karena hanya Allah yang bisa menghentikan setiap bala bencana termasuk wabah virus corona," ujar Tgk Muslem Hamdani.

Tgk Muslem yang juga mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini juga menegaskan, doa tolak bala yang dilakukan secara bersama itu juga merupakan bagian dari amalan yang telah dilakukan masyarakat Aceh turun temurun untuk berdoa agar dijauhkan dari bala.

Menurut Tgk Muslem, pelaksanaan protokol kesehatan selama ini cukup penting, tapi tak akan bermakna jika tidak disertai do'a yang konsisten.

"Usaha membendung wabah virus corona dengan memperketat protokol kesehatan jalan terus. Tapi do'a kepada Allah harus tetap selalu dilaksanakan, baik secara pribadi maupun bersama antara masyarakat Aceh," kata Tgk Muslem.

Ia juga menambahkan, di dayah-dayah selama ini doa bersama untuk tolak bala sudah sangat sering dan selalu dilakukan. Jadi cukup bagus dan penting jika siswa-siswi dan guru-guru di sekolah juga melaksanakannya.

"Dengan do'a bersama untuk tolak bala ini, akan menjadi sarana pendidikan sekolah bagi peserta didik agar memahami sepenuhnya bahwa hidup kita sepenuhnya Dalam genggaman Allah Sang Pencipta Alam Semesta sehingga kita harus menjadi hamba Nya yang senantiasa berbuat baik di atas muka bumi ini," pungkas Tgk Muslem. 

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...