Senin, 17 Mei 2021 05:02

​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik 'Doa Tolak Bala' sebelum Proses Belajar Mengajar

Kamis, 14 Januari 2021 22:47 WIB
Editor: tim
​Pergunu Aceh Dukung Instruksi Kadisdik
Tgk Muslem Hamdani, M.A. foto: ist.

BANDA ACEH, BANGSAONLINE.com - Persatuan Guru Nahdhatul Ulama (Pergunu) Provinsi Aceh mendukung pelaksanaan instruksi Kepala Dinas Pendidikan Aceh Drs. AlHudri, M.M. untuk penyelenggaraan doa tolak bala secara bersama di sekolah sebelum dimulainya proses belajar mengajar mengajar.

Pernyataan dukungan ini disampaikan Ketua Pergunu Aceh, Tgk Muslem Hamdani, M.A. melalui siaran pers yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (14/1/2021).

"Instruksi Kadis Pendidikan Aceh untuk penyelenggaraan doa bersama untuk tolak bala kita harapkan dapat terlaksana di semua sekolah di Aceh. Karena hanya Allah yang bisa menghentikan setiap bala bencana termasuk wabah virus corona," ujar Tgk Muslem Hamdani.

Tgk Muslem yang juga mahasiswa Program Doktor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry ini juga menegaskan, doa tolak bala yang dilakukan secara bersama itu juga merupakan bagian dari amalan yang telah dilakukan masyarakat Aceh turun temurun untuk berdoa agar dijauhkan dari bala.

BACA JUGA : 

Beredar Isu ​Kasus Covid-19 di Jatim Meledak, Gubernur Khofifah: Hoax

Cegah Virus India, Inggris, dan Afsel, Khofifah Isolasi 3.636 Pekerja Migran, 33 Orang Positif

Banyak Nyawa dan Ekonomi Terdampak Akibat Kasus Penjualan Rapid Test Bekas Karyawan Kimia Farma

Jatim Tertinggi di Indonesia, Minat Guru Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Menurut Tgk Muslem, pelaksanaan protokol kesehatan selama ini cukup penting, tapi tak akan bermakna jika tidak disertai do'a yang konsisten.

"Usaha membendung wabah virus corona dengan memperketat protokol kesehatan jalan terus. Tapi do'a kepada Allah harus tetap selalu dilaksanakan, baik secara pribadi maupun bersama antara masyarakat Aceh," kata Tgk Muslem.

Ia juga menambahkan, di dayah-dayah selama ini doa bersama untuk tolak bala sudah sangat sering dan selalu dilakukan. Jadi cukup bagus dan penting jika siswa-siswi dan guru-guru di sekolah juga melaksanakannya.

"Dengan do'a bersama untuk tolak bala ini, akan menjadi sarana pendidikan sekolah bagi peserta didik agar memahami sepenuhnya bahwa hidup kita sepenuhnya Dalam genggaman Allah Sang Pencipta Alam Semesta sehingga kita harus menjadi hamba Nya yang senantiasa berbuat baik di atas muka bumi ini," pungkas Tgk Muslem. 

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...