Selasa, 20 April 2021 04:02

Kepergok Curi Motor Penambang Pasir di Banyuwangi, Warga Jember Babak Belur Dimassa

Selasa, 12 Januari 2021 18:24 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Teguh Prayitno
Kepergok Curi Motor Penambang Pasir di Banyuwangi, Warga Jember Babak Belur Dimassa
Polisi sedang mendatangi TKP. Inset: Tersangka pencuri.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Seorang pelaku curanmor babak belur dihajar massa lantaran kedapatan mencuri sepeda motor milik penambang pasir di Dusun Blibis, Desa Patoman, Kecamatan Blimbingsari, Banyuwangi, Senin (11/1/2021) kemarin.

Aksi pencurian yang dilakukan Firman Efendi (36), asal Kecamatan Silo, Jember ini cukup dibilang nekat. Bagaimana tidak, ia mencuri motor saat sang pemilik, Misnan (37) warga setempat, hanya berjarak 10 meter darinya.

Diduga, niat pelaku mencuri motor itu timbul setelah melihat kunci kontak yang masih menancap pada motor korban. Sedangkan sang pemilik motor asyik menambang pasir di sungai.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Rogojampi Kompol Sudarsono mengatakan, sebelum melancarkan aksi pencurian motor, pelaku ini melihat situasi di sekitar TKP. Begitu melihat ada motor yang kunci kontaknya masih menancap, pelaku langsung melakukan aksinya.

BACA JUGA : 

Usai Buron Empat Bulan, Ayah yang Tega Setubuhi Putrinya Hingga Hamil Akhirnya Ditangkap

Penggerebekan Pabrik Senjata Api Ilegal di Banyuwangi, Pelaku Belajar Autodidak dari Internet

Operasi Pekat Semeru 2021, Polresta Banyuwangi Berhasil Tangkap Ratusan Tersangka

Banyuwangi Geger! Dijanjikan Keuntungan 50%, Ratusan Korban Investasi Bodong Lapor Polisi

"Sebelum mencuri motor, pelaku ini tengak-tengok kanan-kiri terlebih dahulu. Dikira aman, pelaku langsung menghidupkan mesin, lalu kabur," kata Kompol Sudarsono kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (12/1/2021).

Namun nahas, aksi pencurian motor tersebut keburu ketahuan pemilik motor. Korban terkejut setelah mendengar mesin motornya berbunyi dan melihat orang yang tidak dikenalnya menunggangi motornya.

Sehingga, korban pun spontan meneriaki pelaku maling. Tak pelak, warga sekitar yang sedang beraktivitas spontan bergegas mengejar pelaku.

"Karena terpojok dikepung warga, pelaku ini nekat menceburkan diri ke sungai dan meninggalkan motor hasil curiannya," ujarnya.

Namun, pelaku pencurian motor itu pun berhasil ditangkap oleh warga. Bogem mentah dari massa yang marah sempat menghujani pelaku. Pencuri motor itu pun babak belur dihajar massa.

"Beruntung kami segera datang setelah mendapatkan laporan adanya kejadian tersebut. Sehingga pelaku itu pun terselamatkan dari amukan massa," ujarnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti sepeda motor Beat hitam Nopol P 6794 VM milik korban guna keperluan proses penyidikan lebih lanjut. "Saat ini pelaku kita tahan, dan kita kenakan pasal 362 KUHP," pungkasnya. (guh/ian)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...