Rabu, 21 April 2021 04:48

Gus Yani Calon Ketua DPC PKB Gresik (?)

Selasa, 12 Januari 2021 13:35 WIB
Editor: Revol Afkar
Gus Yani Calon Ketua DPC PKB Gresik (?)
M. Syuhud Almanfaluty.

Oleh: M. Syuhud Almanfaluty*

Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jawa Timur kembali memilih Abdul Halim Iskandar sebagai Ketua DPW PKB Jawa Timur masa bakti 2021-2026. Terpilihnya kembali Abdul Halim sebagai Ketua DPW PKB Jatim sudah diprediksi banyak kalangan. Sehingga, Muswil DPW PKB Jatim kali ini bisa dibilang berjalan lempeng-lempeng saja.

Namun tetap ada yang menarik pasca muswil tersebut. Pasalnya, komposisi kepengurusan DPW PKB Jatim masa khidmat 2021-2026 yang disusun oleh tim formatur dihuni sejumlah calon kepala daerah terpilih pada Pilkada Serentak 2020 lalu.

Salah satunya, ada nama Fandi Akhmad Yani atau yang akrab disebut Gus Yani, Cabup Gresik terpilih.

BACA JUGA : 

​Musancab PDIP, Bupati Gus Yani Yakin Raih 10 kursi DPRD di Gresik

Bersedia Alihkan 50 Persen Jasmas untuk Perbaikan JPD, Bupati Gus Yani Apresiasi DPRD

Pascamuscab V, PKB Siap Kawal Pemerintahan Gresik Baru

​Dihadiri Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, DPP Tunjuk Qodir Ketua PKB Gresik dalam Muscab

Munculnya nama Gus Yani dalam jajaran pengurus DPW PKB Jatim membuat publik kaget. Terlebih, partai politik (parpol) pengusung Gus Yani pada Pilkada 2020 lalu. Yakni Golkar, PDI Perjuangan, NasDem, Demokrat, PPP, dan PAN.

Bahkan, sejumlah tokoh, kader, dan simpatisan PKB Gresik juga terkejut nama Gus Yani muncul di susunan pengurus harian DPW PKB. Padahal, saat pilkada lalu, PKB tak mengusung Gus Yani.

Namun, begitulah politik. Semua kemungkinan bisa terjadi. Politik tak lepas dari kesempatan dan keuntungan untuk meraih sesuatu yang diinginkan.

Penulis jauh hari sebelum pelaksanaan Pilkada Gresik 2020, pernah berbincang dengan Nurhudi Didin Arianto, salah satu pentolan DPD NasDem Kabupaten Gresik. Kepada penulis, pria yang karib disapa Gus Nur itu menyatakan bahwa siapa pun yang memenangi Pilkada Gresik 2020, merupakan kemenangan PKB Gresik.

"Jika Pilkada Gresik 2020 dimenangkan Cabup Moh. Qosim adalah kemenangan PKB. Sebaliknya, jika pilkada dimenangkan Fandi Akhmad Yani, juga kemenangan PKB, " ujar Gus Nur kepada penulis, dua bulan sebelum gelaran Pilkada Gresik, 9 Desember 2020.

Lho kok bisa? Menurut Gus Nur, baik Qosim maupun Gus Yani sama-sama kader yang secara kultural politik dibesarkan oleh PKB. "Makanya bisa dibuktikan, baik Qosim atau Gus Yani yang memenangi pilkada, maka kemenangan mereka adalah kemenangan PKB. Mereka akan kembali ke PKB," bebernya.

Gus Nur ketika itu, juga yakin dan meyakinkan kepada penulis bahwa Pilkada Gresik 2020 akan dimenangkan oleh Gus Yani, meski dengan kemenangan tipis. "Buktikan saja kalau tak percaya, Gus Yani yang menang, tapi tipis kemenangannya," kata Gus Nur waktu itu.

Karena itu, penulis menilai bahwa pendukung, kader, maupun tokoh PKB Gresik sendiri, bakal berharap Gus Yani ikut running pada Muscab PKB Gresik yang segera digelar setelah Muswil PKB Jatim.

Sebab, Gus Yani adalah Bupati Gresik yang harus memegang partai besar untuk bisa mengendalikan pemerintah dan kekuatan politik di Kabupaten Gresik. Kekuasaan tak akan bisa lepas dari perpolitikan. Baik politik di tataran pemerintah maupun politik anggaran di DPRD Gresik.

Di samping itu, untuk lobi politik baik dalam menentukan kebijakan di pemerintahan, maupun koalisi tak lepas dari peran ketua atau pimpinan partai.

Lantas, apakah Gus Yani akan maju pada perhelatan Muscab PKB Gresik?

Wallahu a'lamu bisshawab!

*Penulis adalah Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG), yang juga Wartawan BANGSAONLINE.com dan HARIAN BANGSA yang bertugas di Gresik.

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 20 April 2021 09:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Banyak sekali para tokoh nasional – termasuk para dokter kondang – yang daftar menjadi relawan uji coba fase II Vaksin Nusantara. Tapi Dahlan Iskan tak lolos. Loh, mengapa?Simak tulisan wartawan kondang itu di Dis...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...