Senin, 01 Maret 2021 08:19

​Hari ke-2 Pembagian BST di Kota Kediri, Dinsos Salurkan Bantuan untuk 2.894 KPM

Senin, 11 Januari 2021 22:30 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Hari ke-2 Pembagian BST di Kota Kediri, Dinsos Salurkan Bantuan untuk 2.894 KPM
Petugas sedang melayani salah satu KPM. foto: ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hari ke-2, pembagian BST di Kota Kediri berlangsung di 8 kelurahan, Kecamatan Mojoroto. Di wilayah ini ada 2.893 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) BST, Senin (11/01/2021).

“Kami bekerja sama dengan Kantor Pos untuk pembagian BST (Bantuan Sosial Tunai). Agar tidak terjadi kerumunan, maka kami sebar di beberapa kelurahan,” kata Triyono Kutut, Kepala Dinas Sosial Kota Kediri. 

Kelurahan tersebut yaitu Lirboyo (239 KPM), Tamanan (248 KPM), Ngampel (380 KPM), Bujel (298 KPM), Pojok (514 KPM), Bandar Kidul (525 KPM), Mojoroto (304 KPM), dan Sukorame (386 KPM).

Salah satu tempat pembagian di Kantor Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto. Sebanyak 514 KPM menerima bantuan sebesar RP 300 ribu/KK. Warga datang menunjukkan undangan dan KTP.

“Kalau yang mengambil bukan nama yang terdaftar, misal dari anggota keluarga lain, maka mereka membawa undangan, KTP asli, dan KK,” kata Mustamar, salah satu petugas dari dinsos yang berjaga. 

Menurutnya, pembagian dimulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB. Namun sebelum pukul 07.00 WIB, petugas sudah siap di tempat.

Dalam pelaksanaannya, KPM antre dengan tertib di kursi yang sudah disediakan. Mereka menunggu dengan tenang sampai mendapatkan giliran. Petugas menjaga proses pembagian tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Mulai dari masuk cuci tangan, tidak berkerumun, dan mengenakan masker.

“Ini pencairan yang ke-10. Saya menerima dan semua saya ambil sendiri. Penggunaannya, saya pakai untuk beli beras,” kata Rofi’an (61 tahun), warga Kelurahan Pojok. 

Rofi’an memiliki 4 anak, satu yang sudah menikah. Ketiga anaknya masih bergantung pada Rofi’an yang tak ada penghasilan selama pendemi Covid-19. Baginya, BST sangat membantu menyambung hidup.

Lain halnya dengan Ana Khaerunisa yang mengambil BST atas nama suaminya. Sama dengan Rofi’an, ia menerima BST yang ke-10. Selain untuk membeli bahan makanan, Ana menggunakan uangnya untuk membeli buku dan sarana sekolah untuk anaknya. Walau sekolah daring, buku tulis tetap dibutuhkan.

Pemkot Kediri dalam hal ini Dinas Sosial menjadwalkan pembagian BST ini selama 2 hari yaitu tanggal 8 Januari dan 11 Januari di beberapa tempat yang sudah diumumkan sesuai undangan. Apabila dalam 2 hari itu KPM belum sempat mengambil, maka selanjutnya bisa mengambil di Kantor Pos Kota Kediri.

Untuk BST awal tahun 2021, Kota Kediri mendapatkan penerima sebanyak 10.875 KPM. Hari pertama sudah dibagikan bantuan untuk 7.891 KPM. Kutut berpesan, apabila ada warga yang layak mendapatkan BST tapi belum mendapatkan bantuan sama sekali, RT/RW boleh mengajukan ke Dinsos. (uji/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Namanya I-NoseDalam tulisan edisi Senin,1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...