Situs Web DPMPTSP Gresik Diretas Hacker Mungiell

Situs Web DPMPTSP Gresik Diretas Hacker Mungiell Kepala DPMPTSP Pemkab Gresik Mulyanto.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Situs web Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Gresik diretas hacker bernama Mungiell, Rabu (6/1/2021).

Saat dibuka, situs yang beralamat di: dpmptsp.gresikkab.go.id tersebut muncul pesan, "hai admin tolong dengarkan suara hati saya," tulis hacker (peretas).

Tak hanya itu, situs yang mengelola penyelenggaraan pelayanan perizinan terpadu Kabupaten Gresik tersebut juga dipasang gambar perempuan berpakain tak sopan.

Kepala DPMPTSP Pemkab Gresik Mulyanto mengaku kaget dan merasa terganggu setelah mendapatkan laporan web-nya diretas. "Saya kaget dapat laporan dari staf saya soal ini," kata Mulyanto.

Menurut Mulyanto, peretasan web DPMPTSP ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, sudah sering terjadi hal serupa. Ia menjelaskan, pelaku sempat menghubungi admin web DPMPTSP untuk meminta sejumlah uang. Namun diabaikan.

"Minggu yang lalu itu komunikasi dengan staf saya. Dia minta-minta gitu (uang)," ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Gresik Budi Raharjo mengatakan telah berhasil mengatasi permasalahan di web DPMPTSP Gresik dengan mengembalikan semua script web seperti semula.

"Sudah berhasil kita atasi mas. Kalau masih muncul lagi, coba di-refresh," pungkasnya. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO