Senin, 01 Maret 2021 14:53

​Malam Tahun Baru, Delapan Jalur di Kota Batu Ditutup

Minggu, 27 Desember 2020 17:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Agus Salimullah
​Malam Tahun Baru, Delapan Jalur di Kota Batu Ditutup

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Tepat pada malam pergantian tahun, 8 jalur di Kota Batu dipastikan akan ditutup. Jalur yang ditutup di antaranya, Jalan Gajahmada, Jalan Kartini, Jalan Sudiro, Jalan Agus Salim, Jalan Diponegoro, Jalan Kawi, Jalan Panderman, dan Jalan Semeru.

Beberapa jalan yang awalnya dua jalur juga akan diubah menjadi satu jalur, seperti Jl. W.R. Supratman hanya bisa dilewati kendaraan dari arah Jl Diponegoro (timur menuju barat) dan Jl. Ahmad Yani hanya bisa dilewati kendaraan dari arah selatan menuju utara.

Begitu juga dengan kendaraan dari arah barat, semuanya dilewatkan Jalan Panglima Sudirman. Kendaraan yang hendak menuju Kota Malang dilewatkan Simpang 3 Bendo – Desa Giripurno dan keluar di Karangploso, Kabupaten Malang.

Sementara sebagian Jalan Suropati di dekat TMP ditutup untuk kendaraan yang hendak menuju ke Museum Angkut. Kendaraan dari arah Pesanggrahan yang hendak menuju ke Museum Angkut, harus memutar melalui Jalan Semeru.

Kadishub Kota Batu Imam Suryono mengatakan, penutupan jalur ini akan diterapkan pada Kamis 31 Desember pukul 12.00 WIB sampai Jumat 1 Januari pukul 01.00 WIB. "Teknisnya, pengendara harus melewati jalan memutar melalui Jalan W.R. Supratman, Jalan Brantas, Jalan Bromo, Jalan Kelud, dan Jalan Arjuno," kata dia.

Sementara untuk sepanjang Jalan Panglima Sudirman, nantinya akan dijadikan satu lajur saja dari arah barat menuju ke timur. “Karena nanti akan ada PKL pindahan dari alun-alun serta PKL dari warga sekitar,” imbuhnya.

Imam menambahkan, keramaian di Alun-alun Kota Batu dipastikan tidak akan terjadi tahun ini. "Biasanya di Masjid An-Nur setiap malam pergantian tahun kan selalu ada pengajian, dengan hormat tahun ini dalam kondisi pandemi terpaksa ditiadakan," kata mantan Plt Kadisparta Kota Batu ini.

Terpisah, Kasatlantas Polres Batu, AKP Mala Darlius Kurniawan mengatakan, Satlantas Polres Batu tetap melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalan akses menuju ke Alun-alun Kota Batu meski SE Wali Kota telah menyatakan penutupan Alun-alun Batu.

"Kemarin sudah kita lakukan uji coba rekayasa arus lalu lintas seperti skema pengalihan arus lalu lintas saat malam pergantian tahun nanti," jelasnya.

Terkait parkir, ada beberapa kantong yang disiapkan agar tidak menghambat kelancaran lalu lintas saat malam tahun baru nanti. "Nanti pengalihannya kita arahkan ke Deduwa Oleh-Oleh di Jl. Diponegoro, Brawijaya Oleh-Oleh di Jl. Diponegoro, Jl. Brantas, Jl. PB Sudirman, Jl. Sultan Hasan Halim, Balai Kota Among Tani, Perum Panorama, dan Ex Wastra Indah," tandasnya. (asa/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Dalam tulisan edisi Senin, 1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose, hasil p...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...